News Daerah   2023/12/27 12:15 WIB

Hutama Karya Terapkan Sistem One Way di Jalan Tol, 'untuk Antisipasi Macet'

Hutama Karya Terapkan Sistem One Way di Jalan Tol, 'untuk Antisipasi Macet'
ilustrasi oneway

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - PT Hutama Karya (HK), bersinergi dengan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau, mengambil langkah tegas untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar.

"Hutama Karya menerapkan sistem one way jalan tol." 

"Pemberlakukan one way agar tak terjadi kemacetan panjang," kata Branch Manager PT HK Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jarot Seno Wibawa, seperti dirilis mcr, Selasa (26/12).

Melalui kebijakan sistem satu arah (one way), mereka berupaya mengurai kepadatan yang terjadi di ruas jalan bebas hambatan yang baru saja dioperasikan.

"Kebijakan ini efektif diberlakukan pada rentang tanggal 24-31 desember 2023, khususnya dari arah bangkinang menuju arah IIIX koto kampar," sambungnya.

Bagi pengguna jalan yang menuju Bangkinang dari Koto Kampar, mereka akan diarahkan melalui Jalan Provinsi Bangkinang-Payakumbuh, dengan kemudian dapat kembali ke jalan tol dari arah Bangkinang-Pekanbaru.

Pada awal tahun 2024, tanggal 1-3 Januari 2024, kebijakan satu arah kembali diberlakukan, terutama dari Koto Kampar menuju Bangkinang. Namun, kali ini, arus kendaraan dari Bangkinang ke Koto Kampar akan diarahkan melalui jalur alternatif.

"Tujuannya sama, karena pada momen usai liburan panjang kepadatan kendaraan banyak datang dari arah Sumbar menuju pekanbaru," jelasnya.

Di sisi lain, Jarot memaparkan, sejak dioperasikan pada tanggal 24 Desember 2023, jalan tol ini telah dilintasi total 4.466 kendaraan.

PT HK mengimbau pengguna jalan untuk mengikuti kebijakan ini, serta berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol.

Mereka juga mengingatkan untuk beristirahat di rest area yang ada di kawasan tol, memperhatikan rambu-rambu, dan mentaati aturan berlalu lintas.

"Berkendara dengan kecepatan 40 km/jam di jalan tol fungsional dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat," pungkasnya. (*)

Tags : antisipasi macet, hutama karya atasi macet, sistem one way di jalan tol, tol bangkinang-koto kampar, News Daerah,