Sejarah   2023/09/06 17:10 WIB

Indonesia Dijajah Belanda Bukan 350 Tahun Melainkan 33 Tahun, kata Dr Sri Margana

Indonesia Dijajah Belanda Bukan 350 Tahun Melainkan 33 Tahun, kata Dr Sri Margana

SEJARAH - Dalam berbagai catatan dan pernyataan, baik oleh orang biasa bahkan pejabat, Indonesia dijajah oleh Belanda hingga 350 tahun.

Indonesia dijajah merdeka 17 Agustus 1945. Jika Belanda menjajah selama 350 tahun, berarti sudah dimulai pada 1595. 

Bangsa Belanda menjejakkan kaki pertama di Nusantara pada 22 Juni 1596. Ada empat kapal dagang pimpinan Cornelis de Houtman yang berhasil merapat di Pelabuhan Banten kala itu.

Belanda masuk ke Indonesia saat itu bukan dalam bentuk menjajah tetapi berdagang. Dua tahun setelahnya, Belanda melanjutkan ekspedisi ke Nusantara yang dipimpin Jacob van Neck, van Heemskerck, dan van Waerwjick. 

Mereka berhasil mengambil simpati penguasa Banten yang kemudian diizinkan berdagang.

Seiring waktu perdagangan di perairan Nusantara semakin ramai dan mulai menimbulkan konflik antar pedagang Belanda, Portugis dan bahkan Inggris. 

Dari sinilah duduk masalah didirikannya perserikatan dagang bernama Verenigde Oostindische Compagnie (VOC).

VOC bukan lembaga yang mewakili Belanda. VOC adalah perusahaan dagang yang diberi izin pemerintah Belanda untuk menjalankan diplomasi hingga perang untuk memudahkan perdagangan di daratan Asia.

Artinya, Indonesia tidak dijajah Belanda melalui VOC.

Peran VOC bukan hanya memonopoli perdagangan di Nusantara saja. Keberadaan mereka juga tidak bertahan lama.

Pada 1799, VOC dibubarkan karena kasus korupsi yang sangat parah. 

Pemerintah Belanda yang dianggap menjajah pun menyita aset VOC untuk membayar utang mencapai 219 juta gulden, termasuk mengambil wilayah kekuasaan di Nusantara yang kini menjadi bagian Indonesia.

Setelah VOC diganti sistemnya, Belanda kemudian berencana mendatangkan pemerintahannya ke Indonesia, tetapi mereka tak bisa melaksanakan niatnya tersebut karena saat itu Belanda sedang dijajah Perancis, sehingga mereka tak bisa ke Indonesia.

Karena Belanda dijajah Perancis, maka yang datang kemudian ke Nusantara adalah Perancis. Saat itu yang diperintahkan datang adalah Herman Willem Daendels. 

Lalu pada 1811 yang datang kemudian adalah Inggris dengan diwakili oleh Thomas Stamford Raffles.

Namun kekuasaan dua orang itu hanya di pulau Jawa saja, itupun tidak semua daerah pulau Jawa, dan daerah-daerah  luar Jawa yang sebelumnya dikuasai Belanda.

Barulah pada 1816 wilayah Indonesia dikembalikan lagi ke Belanda. Dengan kembalinya wilayah tersebut, Belanda mulai berkeinginan menguasai seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya wilayah Jawa dan beberapa daerah luar yang sebelumnya telah dikuasai. Dimulailah invasi Belanda ke berbagai wilayah Indonesia. 

Belanda baru bisa mengalahkan Kerajaan Bali pada 1904 dan Kesultanan Aceh pada 1912, ini menandakan secara resmi Belanda menguasai seluruh Nusantara karena sudah berhasil mengalahkan seluruh kerajaan di Nusantara.

Maka dari sini, dapat disimpulkan Belanda baru bisa dinyatakan menjajah Indonesia secara keseluruhan adalah pada tahun 1912. 

Kalau dihitung-hitung dari 1912 sampai 1945, maka Belanda hanya menjajah Indonesia selama 33 tahun.

Jika diitung lebih awal lagi saat pertama kali pasukannya Cornelis de Houtman datang ke Nusantara tahun 1596, Indonesia seharusnya baru merdeka di tahun 1946, padahal Belanda sendiri menjajah kita hingga tahun 1942 saja sebelum akhirnya datang Inggris dan setelah itu Jepang yang menjajah tahun 1942 hingga 1945.

Melansir seperti dirilis radar mukomuko yang mengutip pendapat, Dr Sri Margana dari Jurusan Sejarah Universitas Gajah Mada dalam sebuah acara bedah seminar yang digelar Kemendikbud di Jakarta pada awal 2015 mengatakan bahwa Indonesia baru hitungan Indonesia dijajah adalah setelah VOC bangkrut dan diambil alih oleh pemerintah kolonial Belanda.

Masa VOC tahun 1602-1800 bukanlah masa kolonial tapi masa kapitalisme karena yang VOC sebagai perusahaan berusaha menguasai Indonesia. 

Sehingga, merujuk pemikiran Sri Margana, penjajahan baru dimulai padatahun 1800. 

Seorang intelektual lainnya, Dr Lilie Suratminto dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia mengatakan bahwa Indonesia hanya dijajah selama 126 tahun. 

Hitungannya adalah masa kolonial Belanda berlangsung dari 1800-1942 yakni selama 142 tahun. 

Dan di sela-sela itu, masa penjajahan khusus Belanda dikurangi oleh masa kolonial Prancis (1800-1811) dan Inggris (1811-1816). Praktis Belanda murni menjajah Indonesia hanya 126 tahun.

Banyak pendapat lain yang sulit membutikan Indonesia dijajah hingga 350 tahun yang sering didengarkan.

Maka kemungkinannya Istilah Indonesia dijajah 350 tahun berasal dari perkataan Ir. Soekarno dalam orasinya. 

Hal ini untuk menggelorakan semangat para rakyat Indonesia agar terus semangat berjuang dalam melawan penjajahan Belanda. (*)

Tags : belanda jajah indonesia, penjajahan, indonesia dijajah belanda, indonesia dijajah bukan 350 tahun,