News Kota   2022/02/21 19:39 WIB

Inecda Kembangkan Kemitraan Kebun Sawit, 'Untuk Warga Tempatan'

Inecda Kembangkan Kemitraan Kebun Sawit, 'Untuk Warga Tempatan'
Joko Dwiyono, Humas PT Inecda Plantations

PEKANBARU - PT Inecda Plantations (IP) kini giat mengembangkan kemitraan kebun sawit diperuntukkan bagi warga tempatan.

"Dengan memakai wadah koperasi masyarakat tempatan dapat ikut bercocok tanam kebun sawit bermitera dengan perusahaan."

"Ada sekitar 265 hektare (ha) kebun kelapa sawit kelompok tani Petalongan Makmur Jaya Sejahtera sudah ditanam bibit sawit. Dengan luasan itu bisa menampung 125 kepala keluarga (KK) bisa ikut mencicipi hasil berkebun," kata Senior Manager PT IP, Khamdi melalui Joko Dwi Yono, humas tadi saat ngopi bersama di Afgan Kuffi dibilangan Jalan Arifin Achad, Pekanbaru, Senin (21/2/2022).

Para kelompok tani bekerjasama dengan PT Inecda Plantations untuk budidaya tanaman sawit. "Selama penanman bibit dan pupuk kita bantu, dan hasilnya 30:70 persen untuk meningkatkan taraf ekonomi warga," sambugnya.

Sekitar 200 hektar lahan masyarakat di Desa Petalongan, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (inhu), Provinsi Riau, mulai ditanami kelapa sawit. Pengelolaan lahan tersebut dimitrakan dengan PT Inecda Plantations (IP).

"Pihak perusahaan akan terus melakukan pendampingan proses penanaman."

"Giat penanaman perdana secara simbolis sudah dilakukan Kamis kemarin dan dihadiri mulai dari perangkat desa, kecamatan, dan pemerintah daerah," kata Joko Dwi Yono.

Menurutnya, keterlibatan perusahaan dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit warga adalah sebagai wujud tanggung jawab perusahaan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

"Kemitraan dengan petani sawit yang tergabung dalam Koperasi Petalongan Makmur Jaya Sejahtera menggunakan pola Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA)," terangnya.

Joko Dwi Yono menilai kemiteraan ini diharapkan akan menjadi tonggak bagi kemajuan pembangunan di bidang perkebunan di desa itu.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perkebunan Pemkab Inhu, Faisal, berharap kerja sama yang erat antara masyarakat, perusahaan, dan pemerintah, bisa terus ditingkatkan untuk masa yang akan datang. (rp.sdp/*)

Tags : PT Inecda Plantations Inhu, Kemitraan Kebun Sawit, Kemiteraan Untuk Warga Tempatan,