AGAMA - Associate Professor yang juga Kepala Center of Islamic Finance di Comsats University Lahore, Pakistan, Dr Abdus Sattar Abbasi, menyebut bahwa runtuhnya peradaban Islam telah memperlebar jurang antara penganut dan ajaran Islam itu sendiri. Masa-masa kejayaan Islam telah membawa kemajuan tidak hanya bagi masyarakat Muslim, tetapi juga etnis dan agama lainnya. Era keemasan peradaban Islam merupakan lambang masyarakat yang inklusif, progresif dan toleran.
Ia mengatakan, anarki dan ketidakstabilan yang meluas selama dua abad terakhir dalam masyarakat Muslim menyebabkan beberapa mispersepsi tentang ajaran Islam. Sementara itu, kurangnya pemerintahan yang kuat dan otoritas pusat selama masa-masa itu mendorong mayoritas masyarakat Muslim untuk mengamankan kepentingan lokal atau pribadi mereka. Hal itu ditambah kolonisasi yang semakin memperburuk kecerdasan intelektual dan komunal masyarakat Muslim.
Abbasi mengutip kata-kata Carly Fiorina, CEO dari 20 besar perusahaan Fortune Hewlett-Packard (HP), yang berbunyi:
"Peradaban Islam menciptakan negara super kontinental, di dalam dominasinya hidup ratusan juta orang, dari berbagai keyakinan dan asal etnis. Islam menciptakan kepemimpinan yang tercerahkan yang memelihara budaya, keberlanjutan, keragaman, dan keberanian yang menghasilkan 800 tahun penemuan dan kemakmuran. Jangkauan perdagangan mereka meluas dari Amerika Latin ke China, dan di mana-mana di antaranya. Peradaban Islam didorong lebih dari apapun, oleh penemuan. Arsiteknya merancang bangunan yang menentang gravitasi. Matematikawannya menciptakan aljabar dan algoritme yang memungkinkan pembangunan komputer, dan pembuatan enkripsi. Para astronomnya melihat ke langit, menamai bintang-bintang, dan membuka jalan untuk perjalanan dan eksplorasi luar angkasa. Para penulisnya menciptakan ribuan cerita tentang keberanian, romansa, dan keajaiban. Para penyairnya menulis tentang cinta, ketika orang lain sebelum mereka terlalu diliputi ketakutan untuk memikirkan hal-hal seperti itu. Industri teknologi tidak akan ada tanpa kontribusi ahli matematika Muslim."
Abbasi melanjutkan, tidak adanya beasiswa semakin memperburuk pemahaman orang biasa tentang semangat dan warisan dari pemikiran dan masyarakat Islam. Menurutnya, terbukti secara historis tidak ada agama lain sepanjang sejarah manusia yang memberikan hak dan perlindungan kepada pemeluk agama lain seperti yang dilakukan oleh negara-negara Muslim. "Kita perlu mengacu pada Alqur'an dan Sunnah untuk memahami ruh ajaran Islam tentang non-Muslim. Kita perlu memahami dua aspek penting, jenis perjanjian dengan penganut agama lain dan jenis negara tempat kita tinggal," kata Abbasi, dalam artikel yang diterbitkan di lansir The Nation, Kamis (22/10).
Ia menjelaskan, ada tiga jenis kesepakatan, yakni dhimmi, subjek non-Muslim yang tinggal secara permanen di negara Muslim. Dhimmi secara harfiah berarti 'orang yang dilindungi', mengacu pada kewajiban negara di bawah syariah untuk memberikan perlindungan penuh kepada individu termasuk kehidupan, properti, dan kebebasan beragama, dengan imbalan kesetiaan kepada negara dan pembayaran pajak nominal yang disebut jizya.
Kemudian Muahid, yakni orang dengan kesepakatan khusus yang diberikan janji perlindungan oleh negara Muslim, yang diizinkan oleh pemerintah Muslim untuk masuk ke wilayah Muslim untuk terlibat dalam kegiatan yang sah. Selanjutnya Mustamin, yakni orang asing non-Muslim dari negara-negara non-Muslim yang untuk sementara tinggal di negara Muslim melalui tindakan aman jangka pendek (kartu atau dokumen) yang memberikan hak kepada orang tersebut dari tanah lawan untuk mendapatkan status dhimmi yang dilindungi tanpa membayar jizya.
Selanjutnya, Abbasi menjelaskan tentang beberapa kemungkinan berbeda untuk mendirikan negara Muslim. Salah satunya adalah menaklukkan negara melalui pertarungan langsung. Dalam hal ini, Muslim bebas untuk menerapkan syariah secara langsung atau mengadopsi tindakan apapun untuk pada akhirnya mendirikan pemerintahan berdasarkan prinsip-prinsip Islam.
Kemungkinan kedua adalah memperoleh tanah melalui perjanjian. Dalam hal ini, ketika Muslim mengambil alih wilayah baru untuk mendirikan pemerintahan mereka, mereka harus mematuhi persyaratan yang disepakati dalam perjanjian. Ada banyak contoh dalam sejarah di mana umat Islam menaklukkan suatu wilayah melalui perjanjian perdamaian dan memberikan perlindungan lengkap kepada warga non-Muslim di wilayah yang baru diduduki sesuai dengan ketentuan yang diberikan dalam perjanjian tersebut. Hal itu selama tidak ada pelanggaran oleh warga non-Muslim, seperti pemberontakan atau pelanggaran berat terhadap ketentuan.
Abbasi kemudian mencontohkan Pakistan, sebagai negara yang terbentuk melalui kesepakatan yang diselesaikan oleh Dewan Pemisahan pada 22 Juli 1947. Kesepakatan itu menyatakan:
"Sekarang keputusan untuk mendirikan dua Dominion (kekuasaan) independen mulai 15 Agustus akhirnya diambil, para anggota Dewan Pemisahan, atas nama pemerintah masa depan, menyatakan bahwa mereka bertekad untuk membangun kondisi damai di mana proses pembagian dapat diselesaikan. Baik Kongres maupun Liga Muslim telah memberikan jaminan perlakuan yang adil dan setara kepada minoritas setelah peralihan kekuasaan. Kedua pemerintahan yang akan datang menegaskan kembali jaminan ini. Ini adalah niat mereka untuk melindungi kepentingan sah semua warga negara tanpa memandang agama, kasta, atau jenis kelamin. Dalam pelaksanaan hak sipil normalnya, semua warga negara akan dianggap sederajat dan kedua Pemerintah akan menjamin kepada semua orang di dalam wilayah mereka pelaksanaan kebebasan seperti kebebasan berbicara, hak untuk berserikat, hak untuk beribadah dengan cara mereka sendiri dan perlindungan atas bahasa dan budaya mereka."
Terkait hal itu, Abbasi menekankan bahwa pemerintah Pakistan wajib mematuhi syarat dan ketentuan dari instrumen subjek dari partisi tersebut. Menurutnya, ada konsensus di antara para cendekiawan syariah bahwa Pemerintah dan rakyat Pakistan berkewajiban untuk memberikan perlindungan penuh atas kehidupan dan harta benda minoritas non-Muslim yang tinggal di Pakistan karena perjanjian yang disebutkan di atas tanpa menerima jizyah.
Berkaitan dengan minoritas itulah, Abbasi kemudian menyimpulkan bahwa persepsi yang salah tentang Islam berkaitan dengan minoritas adalah akibat dari kurangnya pemahaman tentang ajaran tentang status non-Muslim di negara Muslim. Ia mengatakan, non-Muslim menikmati status kesejahteraan dan perlindungan yang sama di negara Muslim seperti halnya populasi Muslim, selama mereka menjaga kesucian dari batas-batas suci syariah atau mereka melanggar syarat dan ketentuan perjanjian. "Merupakan tanggung jawab negara Muslim untuk melindungi kehidupan, properti dan integritas subjek non-Muslim di yurisdiksinya dengan kebebasan untuk menjalankan agama mereka," tambahnya. (*)
Tags : islam, jaminan perlindungan keamanan dalam islam, perlindungan islam, minoritas dalam islam,