Pekanbaru   2023/12/24 17:21 WIB

Jaga Lingkungan Tetap Bersih, Plt DLHK Ingot Ahmad Hutasuhut: 'Kita Perbaiki Kelola Sampah, Jangan Sampai Berserakan'

Jaga Lingkungan Tetap Bersih, Plt DLHK Ingot Ahmad Hutasuhut: 'Kita Perbaiki Kelola Sampah, Jangan Sampai Berserakan'
Ingot Ahmad Hutasuhut, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Ingot Ahmad Hutasuhut, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru menyampaikan komitmennya untuk memfokuskan perhatian pada perbaikan sistem pengelolaan sampah.

"Kota Pekanbaru berkomitmen jaga lingkungan tetap bersih dan akan perbaiki sisitim kelola sampah."

Sebelumnya, Penjabat [Pj] Walikota Pekanbaru, Muflihun menyatakan Pemerintah Kota (Pemko) tetap sigap membersihkan sampah di setiap kawasan. Pembersihan dilakukan oleh, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru serta beberapa masyarakat kota setempat.

"Ini kerap terjadi saat cuaca ekstrem, dan memang harus kita harus bersihkan. Supaya tidak merusak dan mengganggu lingkungan, jadi sampah kita angkat dan buang ke tempat pembuangan akhir," kata Pj Walikota Muflihun.

Langkah ini sesuai dengan arahan Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun yang menunjuknya sebagai Plt Kadis DLHK beberapa waktu lalu.

"Ini adalah penekanan dari Pj walikota pekanbaru. Agar kita perbaiki tata kelola sampah yang saat ini," kata Ingot dilansir pgi, Minggu (24/12/2023).

Tetapi Ingot Ahmad Hutasuhut menekankan, perbaikan sistem pengelolaan sampah akan dilakukan secara bertahap, dan hal ini harus menjadi tujuan bersama bagi seluruh pegawai dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan DLHK Pekanbaru.

"Seluruh jajaran DLHK harus satu gerakan, memiliki harmonisasi bergerak memberikan layanan persampahan," tambahnya.

Sebagai langkah awal, DLHK Pekanbaru tengah memproses kegiatan lelang angkutan sampah bersama pihak ketiga.

Selain itu, mereka juga sedang menyempurnakan kontrak kerjasama dengan pihak ketiga tersebut.

Tujuannya adalah agar penumpukan sampah tidak lagi menjadi keluhan di tengah-tengah masyarakat.

Perbaikan sistem pengelolaan sampah di Pekanbaru menjadi langkah proaktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Ingot menegaskan, hal ini adalah bagian dari komitmen bersama untuk memberikan layanan persampahan yang lebih baik kepada masyarakat.

Jadi mengingat sejak beberapa hari ini sampah kiriman kembali muncul dengan jumlah banyak. Hal ini menurut Ingot Ahmad Hutasuhut diakibatkan cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir, sehingga membawa sampah dan mulai terlihat di beberapa lokasi pemukiman masyarakat. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Pemko Pekanbaru, sampah, DLHK Pekanbaru, Jaga Lingkungan, Sisitim Kelola Sampah,