Pekanbaru   2023/11/15 10:33 WIB

Jalan Arifin Ahmad dan Jalan Sumatera Pekanbaru Jadi Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat

Jalan Arifin Ahmad dan Jalan Sumatera Pekanbaru Jadi Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Jalan Arifin Ahmad dan Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru akan dijadikan sebagai Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS).

"Saat ini tengah mempersiapkan agar dua kawasan jalan dalam kota menjadi Zona KHAS."

"Jadi memang untuk jalan arifin ahmad dan jalan sumatera ini kita persiapkan untuk zona KHAS selanjutnya. Di arifin ahmad itu kan sudah ramai kafe ya sehingga kita ingin nanti di kawasan itu juga menjadi zona KHAS," kata Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Minggu (5/11).

Sekdako mengatakan, untuk menjadi Zona KHAS itu harus memenuhi beberapa kriteria. Karena itu, Pemko Pekanbaru harus menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan kriteria tersebut.

Menurutnya, untuk kawasan Jalan Sumatera dan Arifin Ahmad masih dalam persiapan. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar kawasan tersebut bisa menjadi KHAS.

"Terutama masalah higienitas, kesehatan seperti apa kemudian juga apakah sehat makanannya, sehingga masyarakat yang mengkonsumsi juga kan bisa terjamin," katanya.

Terpenting kata Indra, bagaimana masyarakat merasa nyaman dan merasa aman, sehat dan higienis. Sehingga dengan adanya zona KHAS ini akan menjadi ciri khas bagi Pekanbaru sebagai kota metropolitan dengan kawasan kota fasilitas nasional.

Ia menyebut, saat ini di Kota Pekanbaru juga sudah ada ditetapkan Zona KHAS yaitu di Riau Garden. Tentu ini merupakan hal yang baik bagi Pekanbaru. Ternyata di Pekanbaru ini ada zona KHAS itu.

"Jadi kita sudah bisa memfasilitasi wisatawan nasional maupun mancanegara ke kota pekanbaru ini," katanya.

Menurutnya, hal ini juga menjadi salah satu untuk mendorong UMKM lebih maju. Sehingga UMKM Pekanbaru mampu bersaing dan bisa ditetapkan sebagai kawasan KHAS.

"Ini kan artinya aman dari sisi higienitasnya, halal bagi masyarakat muslim dan lain-lain yang masuk ke pekanbaru ini, kemudian juga sehat," sebutnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera 

Tags : Kuliner Halal Aman dan Sehat, Zona KHAS, Dua Jalan dalam kota jadi Zona KHAS, Pekanbaru, Jalan Arifin Ahmad dan Jalan Sumatera Pekanbaru Jadi Zona KHAS,