Traveling   2023/02/22 14:32 WIB

Jalan-jalan Menuju Bangunan Masjid Namira yang Megah dan Unik, 'juga Bergaya Eropa Klasik'

 Jalan-jalan Menuju Bangunan Masjid Namira yang Megah dan Unik, 'juga Bergaya Eropa Klasik'
Masjid Namira Pekanbaru

WISATA religi identik dengan kunjungan ke tempat beribadah yang memiliki sejarah. Tapi ternyata bukan hanya tempat bersejarah saja yang menarik untuk dikunjungi, sebab ada pula deretan masjid menarik yang cuma ada di Kota Pekanbaru.

Mulai dari desain arsitektur, nilai konsep yang berbeda, hingga akulturasi budaya, semua unsur tersebut bersatu padu dan menghasilkan bangunan masjid yang unik.

Kalau datang ke Pekanbaru, nggak lengkap rasanya jika melewatkan kunjungan ke Masjid Namira yang berdiri megah pusat kota. Selain itu, pesona keindahan suasana di kawasan Masjid ini yang terlihat megah dan unik juga bergaya eropa klasik.

Provinsi Riau terdapat banyak bangunan masjid yang megah dan unik. Salah satunya yaitu Masjid Namira di Kota Pekanbaru.

Masjid itu berada di Jalan Tuanku Tambusai atau depan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri). Sebelum masuk ke kompleks masjid, ada gerbang tinggi berwarna putih dan hijau langsung menyambut.

Sekilas gerbang tersebut mirip dengan Arc de Triomphe di Kota Paris. Cuma saja berhiaskan kaligrafi berwarna hijau.

Dikutip dari berbagai sumber, masjid ini disebut milik keluarga yang disebut Pak Haji. Namun masjid yang berdekatan dengan Mal SKA dan kampus, itu digunakan untuk shalat bagi masyarakat umum.

Sebelum masuk ke masjid, juga ada beberapa toko yang menjual busana-busana muslim, buku islami, dan Alquran.

Posisi bangunan itu di kiri dan kanan, mirip dengan tata bangunan klasik di Eropa. Spot ini sering juga menjadi tempat pengambilan foto untuk diposting di media sosial.

Kesan pertama terhadap bangunan Masjid Namira yaitu luas, megah, bersih, klasik, dan elegan. Dalam masjid nyaman dan tidak panas. Karena dalamnya luas, dan interior dominan cat hijau dan putih ditambah ukiran kaligrafi.

Jadi jika jalan-jalan ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau jangan lupa menyempatkan ke lokasi wisata religi ini.

Kesan yang pertama muncul saat mulai memasuki kawasan ini yang disambut dengan Menara Masjid seakan-akan telah melewati Arc de Triomphe di Paris.

Padahal hanya sebuah gerbang masuk masjid yang dihiasi kaligrafi berwarna hijau dengan putih sebagai warna dasarnya.

Tidak salah banyak yang mengaguminya sebagai salah satu Masjid bergaya Eropa di tengah Kota Pekanbaru, Masjid Namira namanya.

Masjid terletak tepat di tengah kota, tepatnya di Jalan Tuanku Tambusai ujung berdekatan dengan salah satu Mall yang ada di Pekanbaru memudahkan Masjid untuk ditemui walau akses akan sedikit macet karena berdekatan dengan lampu merah.

Masjid juga sering dikunjungi Mahasiswa karena berada di depan Kampus Kedua Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Memasuki ke kawasan Masjid ini akan dijumpai lebih dahulu beberapa deret toko yang menjual berbagai busana muslim, Al-qurán, Air Zam-Zam dan aksesoris lainnya.

Toko terbagi pada kedua sisi yang ujungnya akan dijumpai tempat wudhu’yang terpisah antara laki-laki dan wanita sehingga akan memberikan rasa aman dalam bersuci.

Ukuran Masjid tidak terlalu besar namun seluruh bagian Masjid baik interior maupun eksterior di penuhi dengan ukiran-ukiran bercampur kaligrafi layaknya bangunan di Eropa yang cukup nyaman untuk beribadah di Masjid ini.

Masjid yang terdiri dari 2 lantai namun ruangan untuk lantai 2 hanya seperempat bagian dari lantai bawah. Ruangan selalu wangi dan rapi.

Ini terlihat dari rajinnya petugas hilir mudik membersihkan dan menyemprot parfum ruangan. Sajadahnya lembut sangat nyaman untuk sujud saat beribadah dan yang tidak kalah unik ada juga satu mimbar besar di bagian depan yang digunakan pada kegiatan shalat jumát. Mimbar kayu ini tinggi menjulang hampir setinggi lima meter.

Masjid An Namira sebenarnya adalah masjid milik sebuah keluarga makanya di dalam kawasan masjid juga ada rumah yang punya masjid dan masjid dibuka untuk umum sekitar tahun 2008.

Selain menyelenggarakan kegiatan untuk ibadah shalat 5 waktu, di Masjid ini juga dapat diselenggarakan berbagai kegiatan seperti kegiatan penyambutan hari besar islam dan juga shalat jumát berjamaah. Jika sedang berada di Pekanbaru, tidak ada salahnya beristirahat dan mampir ke Masjid ini. Selain beribadah juga dapat berbelanja. (*)

Tags : masjid namira, masjid bergaya eropa klasik, bangunan masjid namira pekanbaru, masjid megah dan unik,