News   2024/06/13 13:32 WIB

Jalan Lintas Pematang Reba Hingga Batas Jambi 'Mulus dan Licin', INPEST: 'Buat Geliat Perekonomian Warga Bebas Hambatan'

Jalan Lintas Pematang Reba Hingga Batas Jambi 'Mulus dan Licin', INPEST: 'Buat Geliat Perekonomian Warga Bebas Hambatan'

LINKUNGAN - Perjalanan singkat Independen Pembawa Suara Transparansi [INPEST] pada jalan lintas terlihat pada mulus dan licin.

"Pembangunan dan Infrastruktur didaerah buat jalan bebas hambatan mendatangkan banyak keuntungan."

"Sebagai contoh pembangunan jalan bebas hambatan antara Jalan Lintas Pematang Reba hingga batas Jambi, ibukota Kabupaten Indragiri Hulu [Inhu]," kata Ketua Umum Nasional Independen Pembawa Suara Transparansi [INPEST], Ir. Ganda Mora M.Si.

Ia menyambut gembira dengan rampung pembangunan jalan bebas hambatan di daerah itu.

Dalam perjalanan dan pemantauan dari Riau-Jambi- Palembang, perjalanan dari Pematang Reba menuju Batas Jambi cukup nyaman dan lancar dengan kecepatan rata rata 80 km/jam dapat dilalui sehingga perjalan bisa lebih cepat dan efektif dimana infrastruktur jalan di nilai cukup bagus sebagai standard jalan Nasional.  

Menurut dia, dengan selesainya pembangunan jalan bebas hambatan pada jalan lintas tersebut, bukan cuma sekedar memperpendek hubungan, tapi juga lama tempuh yang berdampak terhadap penggunaan bahan bakar minyak [BBM]. 

Selain itu, dengan keberadaan jalan bebas hambatan tersebut bisa mendorong percepatan pertumbuhan serta perkembangan ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil Menengah [UMKM]. 

"Terutama pertumbuhan dan perkembangan ekonomi kerakyatan atau warga masyarakat sekitar/menjadi lintasan jalan bebas hambatan tersebut," lanjutnya.

Tetapi terlihat kendaraan berat yang melintas di jalan lintas Timur Sumatera itu sudah padat membuat kondisi jalan harus kuat padat dan memadai. "Jadi dalam perjalanan Riau-Jambi-Sumatera Selatan, jalan darat ini cukup lancar dan efektif," kata dia.

Menurut dia, dengan melalui jalan bebas hambatan Jalan Lintas Pematang Reba hingga batas Jambi lama tempuh/perjalanan paling cuma sekitar 3,5 jam atau jauh sekali bila dibandingkan dengan jalan biasa sekitar enam jam, bisa lebih. 

"Mamang jalan bebas hambatan Jalan Lintas Pematang Reba hingga batas Jambi bisa memperpendek jarak tempuh dan lama perjalanan, serta hemat BBM," demikian Ganda Mora [nama panggilannya].

Tetapi kualitas infrastruktur jalan, sebutnya harus terus ditingkatkan agar penguna jalan nyaman dan lancar dengan menambah dan melebarkan badan jalan yang dilengkapi rambu rambu jalan. (*)

Tags : jalan lintas sumatera, jalan lintas pematang reba hingga batas jambi mulus, jalan di riau, jalan mulus buat geliat perekonomian meningkat, infrastruktur di riau, News,