News   2023/04/01 15:0 WIB

Jalan Lintas Penghubung Provinsi Banyak Alami Gangguan Serius, Legislatif: PUPR Segera Perbaiki karena akan Memasuki Musim Mudik Lebaran

Jalan Lintas Penghubung Provinsi Banyak Alami Gangguan Serius, Legislatif: PUPR Segera Perbaiki karena akan Memasuki Musim Mudik Lebaran

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Hingga saat ini masih banyak infrastruktur jalan lintas penghubung provinsi mengalami gangguan cukup serius seperti kerusakan berlobang, bergelombang dan longsor.

"Jalan lintas penghubung di Provinsi Riau masih banyak mengalami gangguan kerusakan."

"Memang harus perlu ditingkatkan apalagi saat ini bulan Ramadan dan memasuki Idul Fitri, orang mudik, pasti pengguna jalan lebih banyak," kata Anggota DPRD Riau, Mardianto Manan pada media, Sabtu (1/4/2023).

Mardianto juga menyebut, untuk penanganan jalan lintas provinsi memang perlu koordinasi antara beberapa pihak dan bukan hanya beban Pemprov Riau.

Sementara Dinas PUPR-PKPP Riau terlihat mulai memperbaiki ruas jalan provinsi di Kabupaten Kuansing dan Kampar jelang memasuki musim mudik Lebaran 2023.

"Ruas provinsi di Kuansing misalnya, kita sudah melakukan survei. Memang ada beberapa titik jalannya kurang nyaman dan rusak, namun secara keseluruhan fungsional," kata Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah V, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Riau, Teza Darsa menuturkan, Jumat (31/3/2023).

Pihaknya telah melakukan survei ruas jalan provinsi di dua daerah tersebut. Sedangkan untuk ruas jalan provinsi di Kampar, lanjut Teza, saat ini juga tengah dibenahi, dan diharapkan bisa memperlancar mudik lebaran.

"Sekarang kita sedang bekerja di beberapa titik. Misalnya di ruas rantau berangin-tandun sedang digesa perbaikannya. Lalu, di ruas tapung-tandun kami juga kerja, dan kemungkinan besar akan kami aspal fungsional satu lapis sepanjang 2 Km," terangnya.

"Tapi kalau cepat selesai di ruas tapung-tandun akan kami lanjutkan ke ruas kandis-tapung yang memang belum sempat kami sentuh tahun ini karena wilayah kerja yang luas," sambungnya.

Kemudian untuk exit tol Bangkinang, tambah Teza, saat kondisinya sudah baik dan memadai untuk mendukung arus lalulintas saat mudik lebaran.

"Bahkan untuk exit tol Bangkinang kami tambah lagi pelebaran bahu jalan di beberapa titik. Semoga nanti bisa menambah kapasitas dan mengantisipasi kemacetan saat mudik lebaran," pungkasnya.

Mengingat persiapan mudik lebaran sudah mulai dekat, DPRD Riau meminta perbaikan jalan lintas provinsi dapat ditingkatkan.

"Kita minta perbaikan jalan lintas yang menghubungkan Provinsi Riau dengan provinsi lainnya untuk ditingkatkan. Mengingat bulan Ramadan sudah memasuki minggu kedua dan masyarakat akan memasuki musim mudik dan segera menyambut lebaran Idul Fitri 1444 H," kata Mardianto Manan.

Mardianto menyinggung untuk penanganan jalan lintas provinsi perlu koordinasi antara beberapa pihak dan bukan hanya beban Pemprov Riau.

"Kalau jalan lintas itu perlu koordinasi antara kabupaten, kota dan provinsi bahkan nasional. Karena umumnya yang namanya jalan lintas itu biasanya biayanya dari APBN, karena konsepnya jalan lintas itu jalan yang menghubungkan dua provinsi yang berbeda. Itu statutanya naik ke nasional," sebutnyap. (*) 

Tags : jalan lintas penghubung provinsi, lintas provinsi rusak, riau, jalan provinsi alami gangguan serius, jalan lintas provinsi diperbaiki memasuki mudik lebaran 2023, news ,