Headline Riau   2022/04/26 12:57 WIB

Jalan Provinsi Banyak yang Rusak, Gubri: Dinas PUPR Perbaiki Sebelum Lebaran

Jalan Provinsi Banyak yang Rusak, Gubri: Dinas PUPR Perbaiki Sebelum Lebaran
Gubernur Riau Syamsuar minta Dinas PUPR perbaiki jalan yang rusak.

Belakangan ini masih terdapat badan jalan Provinsi banyak yang rusak, ada 1.039 kilometer mengalami kerusakan berat dan ringan.

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan dari total 2.799 kilometer ruas jalan milik Provinsi Riau, ada sekitar 420 kilometer yang kondisinya rusak berat dan 619 kilometer rusak ringan, sehingga totalnya adalah 1.039 kilometer.

"Masyarakat saat mudik libur lebaran Idul Fitri untuk berhati-hati saat berkendara."

"Terkait (perbaikan) jalan rusak, baik jalan provinsi dan nasional nanti kita bahas dengan Dinas PUPR dan termasuk dengan Balai Jalan Nasional. Kami juga sudah tugaskan Dinas PUPR untuk segera melakukan perbaikan jalan-jalan yang mengalami kerusakan ini," kata Gubri usai rapat persiapan Idul Fitri 1443 Hijriah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan kepala daerah se-Provinsi Riau di Balai Serindit, Pekanbaru, Senin (25/4/2022).

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau untuk segera melakukan perbaikan jalan yang rusak.

Gubri juga meminta agar pemerintah daerah di kabupaten dan kota se-Provinsi Riau untuk melakukan hal yang sama. "Termasuk kawan-kawan PU kabupaten kota juga kami minta agar bisa bersinergi melakukan antisipasi untuk ruas-ruas jalan milik kabupaten kota yang mengalami kerusakan demi kelancaran arus mudik," ujarnya.

Gubri memprediksi tahun ini akan banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik mengingat pemerintah pusat telah memberi izin setelah 2 tahun sebelumnya sempat melarang akibat pandemi Covid-19.

Gubri juga meminta agar seluruh dinas terkait dapat bekerja untuk memastikan arus mudik lancar dan aman bagi masyarakat. "Baik itu mau berangkat juga saat kembali," ujarnya.

Ia sudah meminta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas PUPR-PKPP Riau untuk siaga selama masa libur lebaran. "Saya juga sudah bilang bahwa UPT Dinas PUPR-PKPP Riau juga sudah standby, terutama peralatan dan material yang terpenting. Supaya nanti jalan provinsi yang rusak (berlubang) bisa segera ditutup, agar tidak membahayakan pengendara saat mudik lebaran," jelasnya.

Sementara untuk jalan nasional yang dimiliki pemerintah pusat, Gubri mengatakan sudah meminta Balai Jalan Nasional agar segera memperbaiki kerusakan. "Karena kita lihat ada juga jalan nasional yang berlubang-lubang, terutama di daerah Rohil," ujarnya. (*)

Tags : Gubernur Riau Syamsuar, Jalan Provinsi Banyak Rusak, Dinas PUPR Diminta Perbaiki Jalan Sebelum Lebaran,