Nusantara   2023/05/01 11:39 WIB

Jalur Mudik Riau-Sumbar Selamanya Tetap Rawan, 'jadi Buat Satu Unit Mobil Tertimbun Longsor, Tapi tak Sampai Makan Korban'

Jalur Mudik Riau-Sumbar Selamanya Tetap Rawan, 'jadi Buat Satu Unit Mobil Tertimbun Longsor, Tapi tak Sampai Makan Korban'

SUMBAR - Jalur mudik Riau-Sumbar rawan longsor dan macet buat satu unit mobil tertimbun dekat kelok sembilan pada Minggu 30 April 2023 sore.

"Waspada titik rawan longsor dan macet di jalur mudik Riau-Sumbar."

"Kami sudah mendapatkan informasi tersebut. Lokasi dekat jembatan kembar dekat Kelok 9. Sementara di pusat kota, arus masih lancar," kata Kasat Lantas Polres Payakumbuh, AKP Arwisman membenarkan kejadian itu, dirilis infosumbar.net, Minggu (30/4).

Pihak Kasat Polres Payakumbuh sudah menerima informasi itu. Satu unit mobil tertimbun longsor dekat Kelok 9 Sumatera Barat (Sumbar) Jalan lintas provinsi Sumatera Barat (Sumbar)-Riau ini tertimbun material longsor.

Foto-foto di lokasi kejadian juga beredar di grup WhatsApp warga Riau. Pesan berantai itu menyebut jalan yang tertutup longsor itu berada di dekat Jembatan Kembar Kelok 9 Sumbar.

Dirinya mengatakan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Apalagi malam ini diperkirakan puncak arus balik.

"Infonya, alat berat sudah dikerahkan ke lokasi," sambungnya.

Hingga berita ini tayang belum ada keterangan resmi terkait jumlah kendaraan terdampak dan korban jiwa. 

Pemudik juga dihimbau berhati-hati saat melintas Riau-Sumatera Barat (Sumbar) mesti mewaspadai wilayah yang rawan longsor. Selain itu juga terdapat beberapa titik rawan kecelakaan dan macet di lintas tersebut.

Cuti bersama Lebaran 2023 pemudik diharapkan untuk berhati-hati dan mewaspadai daerah rawan kecelakaan, longsor hingga macet.

Sementara Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau, merilis rincian daerah rawan longsor, macet dan kecelakaan di Riau yang harus diwaspadai saat mudik lebaran.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau, Kombes Pol Dwi Nur Setiawan menyebut, daerah longsor yang harus diwaspadai pertama berada di Kabupaten Kampar.

Tepatnya di kilometer 80/81 Desa Merangin dan kilometer 109/110. Lalu di Kabupaten Rohil, yaitu daerah Ujung Tanjung, Sedinginan Teluk Mega, Kecamatan Tanah Putih.

Selanjutnya, Kabupaten Kuansing, yaitu di kilometer 126 Desa Muara Lembu dan kilometer 198 Desa Kasang, Jalan Lintas Riau-Sumbar.

Kemudian untuk daerah rawan macet di antaranya di jalur Pekanbaru-Sumatera Barat. Lokasinya berada di Simpang Empat Garuda Sakti, Pasar Danau Bingkuang, Pasar Kampar, dan Pasar Kuok.

"Lalu di jalur Pekanbaru, Rohil, Sumatera Utara (Sumut). Di antaranya Pasar Tumpah Ujung Tanjung, kilometer 6 Balam, kilometer 18 Balam, dan Pajak Lama Bagan Batu," kata Kombes Dwi, Senin (17/4/2023).

Jalur macet lainnya, yaitu dari Pekanbaru menuju Pelalawan, Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil). Berlanjut ke jalur Pekanbaru menuju Kuansing. Jalur macet yang harus diwaspadai yaitu Pasar Benai, kilometer 198 Pasar Lubuk Jambi dan kilometer 131 Muara Lembu.

"Sementara untuk daerah rawan lakalantas, berada di jalur Pekanbaru, Kampar dan Sumbar. Di antaranya kilometer 17 Desa Rimbo Panjang, kilometer 29 Desa Sei Pinang, kilometer 82/83 Desa Pulau Gadang, dan kilometer 98 Desa Tanjung Alai, Kabupaten Kampar," katanya. (*)

Tags : riau-sumbar, jalur mudik riau-sumbar, mudik lebaran riau-sumbar rawan longsor dan macet,