Headline Pekanbaru   2022/05/29 12:9 WIB

Jamaah Calon Haji Masih ada Belum Vaksin Meningitis, 'karena Menghindar Tanpa Alasan'

Jamaah Calon Haji Masih ada Belum Vaksin Meningitis, 'karena Menghindar Tanpa Alasan'

PEKANBARU - Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Pekanbaru masih ada yang belum melakukan vaksinasi meningitis. Kebanyakan jamaah yang belum vaksin menghindar dengan berbagai alasan.

"Jamaah Calon Haji Pekanbaru masih ada belum Vaksin Meningitis, menghindar tanpa alasan."

"Kendalanya macam-macam. Ada yang berhalangan karena pekerjaan, tugas, sakit dan lain sebagainya," kata Kadiskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, Sabtu (28/5).

Zaini Rizaldy Saragih menyebut, hingga kini masih ada sejumlah JCH yang belum menjalani vaksinasi meningitis meningokus.

Ia mengimbau JCH yang belum disuntik vaksin meningitis agar segera melapor ke Diskes Pekanbaru.

"Jadi bagi yang belum melaksanakan vaksinasi, silahkan menghubungi kami. Tempat vaksinasinya, nanti kita yang mengarahkan," sebutnya.

Zaini meyakini vaksinasi meningitis ini selesai sebelum JCH diberangkatkan ke Tanah Suci. Sesuai jadwal, para JCH akan mulai diterbangkan menuju Arab Saudi di pekan pertama Juni. "Insya Allah tuntas sebelum keberangkatan," ucapnya.

Secara keseluruhan, terdapat sebanyak 769 JCH Pekanbaru yang akan melaksanakan haji tahun ini. Seluruhnya wajib menjalani vaksinasi mengingitis sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

Pemberian vaksin sendiri merupakan upaya perlindungan kesehatan kepada para JCH. Vaksinasi meningitis meningokus sebagai upaya untuk mencegah dari penularan penyakit menular selama pelaksanaan ibadah haji. (rp.sul/*)

Tags : Jamaah Calon Haji, JCH Peknbaru, JCH Belum Vaksin Meningitis, JCH Menghindar di Vaksin Meningitis, Agama,