Headline Agama   2022/07/24 10:38 WIB

Jamaah Haji Pulang Tidak di Karantina, 'Tapi Tetap Dilakukan Swab Antigen'

Jamaah Haji Pulang Tidak di Karantina, 'Tapi Tetap Dilakukan Swab Antigen'

PEKANBARU- Kepulangan Jamaah Haji (JH) dari embarkasi Batam Pulang tidak akan melewati masa karantina, tapi tetap dilakukan tes kesehatan melalui swab antigen.

"Jamaah Haji pulang tidak di Karantina tapi tetap dilakukan swab antigen."

"Jamaah haji Riau yang pulang dari embarkasi Batam tidak akan melewati masa karantina. Hanya saja untuk keluarga jemaah dari luar Pekanbaru diimbau agar tidak menjemput di asrama Antara Riau," kata Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy, Jumat (22/7).

Pemprov Riau telah mempersiapkan sambutan kedatangan jamaah haji Riau pertama yang dijadwalkan tiba 29 Juli 2022 dari embarkasi Batam.

Rombongan haji akan langsung menuju Bandar Udara Sutan Syarif Kasim II Pekanbaru, kata Masrul Kasmy.

Saat sampai ke Indonesia, jamaah haji tidak dikarantina, tetapi jamaah wajib tes kesehatan dengan swab antigen.

"Ini sesuai surat edaran untuk pencegahan terjadinya penularan Covid-19. Karena sekarang kasus terkonfirmasi positif Covid-19 alami lonjakan lagi,"sebutnya.

“Jamaah yang datang di Pekanbaru di cek kesehatan. Kalau stabil semua, mereka akan langsung dipulangkan," sambungnya.

Bagi yang terkonfirmasi positif Covid-19 tentu diisolasi dulu. Kemudian, nanti secepatnya ada upaya untuk koordinasi dengan pihak yang ada di daerah, kata Masrul.

Untuk jamaah haji yang dinyatakan sehat masih akan dipantau kesehatannya di daerah masing-masing selama 21 hari oleh dinas kesehatan setempat. Tetapi Masrul memastikan mereka tidak dikarantina seperti isu yang beredar.

“Tidak ada yang dikarantina. Hanya diawasi saja kesehatannya. Jamaah yang sampai di Pekanbaru langsung pulang ke rumah masing-masing," sebut Masrul.

"Bagi Jemaah Haji dari kabupaten dan kota nanti akan diinapkan dulu satu malam di asrama, setelah itu baru dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing," sambungnya.

Dirinya mengimbau pada keluarga jamaah haji supaya tidak menjemputnya di Asrama Antara Riau, Pekanbaru. "Cukup menjemputnya di Bangkinang saja, tidak perlu ke Pekanbaru," sebutnya.

Sedangkan untuk jadwal kepulangan Jemaah Haji asal Riau untuk gelombang 1, sebanyak 54 orang asal Kampar. Jemaah Haji ini dijadwalkan akan diterbangkan ke tanah air tanggal 29 Juli 2022.

Sedangkan untuk jamaah haji yang tergabung dalam kloter 5,6,7,8 dan 9 Riau dan 13 Jemaah Haji Riau yang tergabung dalam kloter 12 nasional akan dipulangkan ke tanah air secara bertahap. (*)

Tags : Jamaah Haji, JH Riau, JH Pulang Tidak di Karantina, JH Dilakukan Tes Kesehatan, Swab Antigen, Agama,