Pekanbaru   2023/03/02 8:1 WIB

Jamaah Haji Riau yang Berangkat Tahun 2023 Paling Banyak Berasal dari Kota Pekanbaru

Jamaah Haji Riau yang Berangkat Tahun 2023 Paling Banyak Berasal dari Kota Pekanbaru

AGAMA - Kabid Haji Kanwil Kemenag Riau, Syahrudin, mengatakan jamaah haji dari Riau yang akan berangkat tahun 2023 ini paling banyak berasal dari Kota Pekanbaru. Syahrudin menyebut diperkirakan jamaah haji dari Kota Pekanbaru sebanyak 800 orang lebih.

"Jamaah Haji yang berangkat tahun 2023 paling banyak dari Kota Pekanbaru."

"Dari Pekanbaru kita perkirakan jumlah jamaah nya lebih dua kloter, lebih 800 jamaah," kata Syahrudin, Rabu (1/3/2023).

Setelah Pekanbaru, jamaah haji Riau terbanyak berasal dari Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu.

Sesuai surat Keputusan Menteri Agama, Riau tahun ini mendapat kuota haji sebanyak 5.047 jamaah. Itu termasuk petugas. Dari 5.047 kuota haji Riau tersebut, untuk kuota jamaah diluar petugas diperkirakan sebanyak 5.008 jamaah. Jumlah tersebut yang nanti akan dibagi untuk 12 kabupaten kota se Provinsi Riau.

Kanwil Kemenag Riau hingga saat ini masih menunggu daftar nama-nama jamaah calon haji se Provinsi Riau dari kementerian agama.

Meski sejauh ini Kementerian Agama sudah menerbitkan keputusan terkait kuota haji di Provinsi seluruh Indonesia, termasuk di Riau, namun kuota tersebut masih belum dibagi per kabupaten kota.

Adapaun daftar nama-nama jamaah calon haji se Provinsi Riau dari Kementerian Agama (Kemenag) masih ditunggu Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Riau.

Meski sejauh ini Kementerian Agama sudah menerbitkan keputusan terkait kuota haji di Provinsi seluruh Indonesia, termasuk di Riau, namun kuota tersebut masih belum dibagi per kabupaten kota. 

"Sesuai surat Keputusan Menteri Agama, Riau tahun ini mendapat kuota haji sebanyak 5.047 jamaah. Itu termasuk petugas," kata Kabid Haji Kanwil Kemenag Riau, Syahrudin.

Dari 5.047 kuota haji Riau tersebut, untuk kuota jamaah diluar petugas diperkirakan sebanyak 5.008 jemaah. Jumlah tersebut yang nanti akan dibagi untuk 12 kabupaten kota se Provinsi Riau. 

"Dari 5.008 kuota jamaah haji se Provinsi Riau itu memang yang paling banyak berasal dari kota Pekanbaru," ujarnya. 

Syahrudin menjelaskan, total jamaah calon haji dari Pekanbaru yang akan berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini diperkirakan mencapai 800 orang lebih.

"Dari Pekanbaru kita perkirakan jumlah jamaahnya lebih dua kloter, lebih 800 jamaah," sebut Syahrudin. 

Kemudian diurutan kedua jumlah jamaah haji terbanyak tahun ini adalah Kabupaten Kampar dan ketiga Kabupaten Indragiri Hilir, kemudian Pelalawan dan diurutan lima adalah Rokan Hulu.*

Kuota haji Provinsi Riau tahun 2023 sudah diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag). Namun Kementerian Agama belum membagi kuota tersebut per kabupaten/kota.

"Sesuai surat Keputusan Menteri Agama, Riau tahun ini mendapat kuota haji sebanyak 5.047 jamaah. Itu termasuk petugas," kata Kabid Haji Kanwil Kemenag Riau, Syahrudin, Rabu (1/3/2023).

Saat ini, Kanwil Kemenag Riau tengah menunggu daftar nama-nama jemaah calon haji se-Riau.

Dari 5.047 kuota haji Riau tersebut, untuk kuota jamaah di luar petugas diperkirakan sebanyak 5.008 jemaah. Jumlah tersebut yang nanti akan dibagi untuk 12 kabupaten kota se-Riau.

"Dari 5.008 kuota jamaah haji se Provinsi Riau itu memang yang paling banyak berasal dari Kota Pekanbaru," ujarnya.

Menurut keterangan Syahrudin, total jamaah calon haji dari Pekanbaru yang akan berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini diperkirakan mencapai 800 orang lebih.

"Dari Pekanbaru kita perkirakan jumlah jamaahnya lebih dua kloter, lebih 800 jamaah," sebut Syahrudin.

Kemudian diurutan kedua jumlah jamaah haji terbanyak tahun ini adalah Kabupaten Kampar dan ketiga Kabupaten Indragiri Hilir, kemudian Pelalawan dan diurutan lima besar adalah Rokan Hulu. (*)

Tags : calon jemaah haji, jamaah haji riau, cjh Tahun 2023 paling banyak dari Kota Pekanbaru,