Headline Kesehatan   2021/07/20 14:29 WIB

Jangan Makan 3 Makanan Ini Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Jangan Makan 3 Makanan Ini Usai Disuntik Vaksin Covid-19

JAKARTA - Dokter Christopher Andrian mengatakan, imunitas akan terbentuk apabila masyarakat menjaga pola makan dan gaya hidup sehat setelah vaksin covid-19. Oleh karena itu, dia menyarankan masyarakat yang baru divaksin menghindari beberapa jenis makanan. Tujuannya ialah agar sel imun bisa tumbuh.

"Ketika kita divaksin, tujuannya membentuk sel imun dalam tubuh supaya bisa mengenali virus yang masuk," kata Christopher dalam kanal YouTube LifestyleOne, dirilis genpi, Selasa (20/7).

Berikut ini 3 makanan yang sebaiknya dihindari setelah vaksin covid-19:

1. Makanan Mengandung Pengawet

Seseorang yang baru divaksin covid-19 dianjurkan menghindari makanan olahan yang mengandung bahan pengawet. Di antaranya ialah kornet, ikan kaleng, dan mi instan. Sebab, makanan-makanan itu akan menurunkan respons imun. Dia menjelaskan, makanan olahan yang mengandung pengawet akan menghambat pertumbuhan sel imun.

Selain itu, makanan berpengawet juga bisa menimbulkan hipertensi dan menaikkan kadar gula darah. "Tidak vaksin pun tidak boleh mengonsumsinya berlebihan, apalagi ketika divaksin yang tujuannya membentuk sel imun dalam tubuh kita," ujar Christopher.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Christopher menyarankan masyarakat yang baru divaksin menghindari makanan mengandung lemak jenuh, seperti minyak kelapa, sawit, mentega, butter, dan daging merah. Menurut Christopher, makanan tinggi lemak jenuh bisa dikonsumsi, tetapi kurang dari sepuluh persen. "Batasi makanan yang digoreng atau disantan. Cukup satu hari satu menu. Misalnya menu pagi digoreng, siang dan malam pilih dipepes, dibakar, atau ditumis," ujar dia.

3. Menghindari Makanan Tinggi Gula

Christopher mengatakan, makanan tinggi gula susah dicerna sehingga bisa menaikkan kadar gula darah. Menurut dokter spesialis gizi klinik tersebut, gula masuk karbohidrat yang simpleks. Selain itu, makanan-makanan itu akan menghambat pembentukan sel imunitas, yaitu sel B dan T. (*)

Tags : Vaksin Covid-19, Suntik Vaksinasi, Dilarang Makan 3 Usai Disuntik ,