News Kota   2022/10/02 14:50 WIB

Jaringan Relawan Majelis Sang Presiden Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024

Jaringan Relawan Majelis Sang Presiden Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024
Afid Fahdani, Ketum Jaringan Relawan

PEKANBARU - Kelompok masyarakat yang menamakan diri Jaringan Relawan Anies Bawesdan pagi ini menyelenggarakan "Deklarasi Anies Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia Periode 2024-2029".

"Jaringan Relawan Majelis Sang Presiden Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024."

"Acara ini dilakukan sebagai aksi dukungan serta upaya meminta dan mendukung Gubernur DKI Jakarta untuk menjadi Presiden RI 2024," kata Afid Fahdani, Ketua Umum (Ketum) Jaringan Relawan Anies Bawesdan di 'Oma Joglo Resto' dibilangan jalan Arifin Achmad, Pekanbaru Minggu, 2 Okteber 2022.

Dari pantauan, ratusan orang tampak sudah berkumpul di lokasi untuk mengikuti deklarasi ini.

Spanduk besar dengan foto Anies Baswedan juga sudah dipasang dengan tagline "Sang Presiden Kami."

Anies saat ini masuk dalam bursa Capres 2024 dengan elektabilitas teratas di sejumlah survei.

Terbaru, elektabilitas mantan Menteri Pendidikan tersebut disebut paling stabil di antara tokoh lainnya yang disebut akan bertarung pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Hasil ini diungkap Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO), Sabtu, 6 Juni 2022. Dalam hasil survei seputar pilihan responden terhadap pasangan calon presiden atau capres dan wakil presiden untuk Pemilu 2024.

"Hari ini relawan berkumpul merujuk pada perubahan suara yang tidak banyak berbeda meskipun berganti wakil," demikian sebut Afid.

"Jaringan ini telah membentuk pada tingkat kota/kabupaten dan saling berkoordinasi untuk memenangkan Anies Bawesdan dengan target masing-masing tetapi tetap tujuan sama," sebutnya.

Seperti IPO menegaskan survei membuat delapan simulasi untuk tiga pasangan calon.

Dari delapan simulasi ini, elektabilitas tertinggi diperoleh ketika dilakukan simulasi pasangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Angkanya mencapai 36,8 persen

Keduanya mengalahkan pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan 21,3 persen.

Lalu pasangan ketiga Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto 13,2 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 13,2 persen.

Sebelumnya, ada Indikator Politik Indonesia melakukan survei teranyar tingkat keterpilihan tokoh potensial pada simulasi Pilpres 2024.

Pada simulasi 15 nama, elektabilitas Prabowo Subianto berada di posisi teratas. Kemudian disusul Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Hasil sigi menunjukkan elektabilitas Prabowo berada di angka 26,2 persen, disusul Ganjar Pranowo 20,8 persen dan Anies 15,5 persen.

Di bawahnya ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,7 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 5,4 persen, dan AHY 5,4 persen. Sementara nama calon potensial lain masih berada di bawah 5 persen.

"Prabowo Subianto tampak masih lebih besar dukungannya sebagai calon presiden ketimbang nama-nama lain, tapi tidak menonjol."

"Calon pesaing utamanya yaitu terutama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Kemudian Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ridwan Kamil," ujar Direktur Indikator Politik Burhanudin Muhtadi, Rabu, 25 Agustus 2021. (*)

Tags : Anies Baswedan, Capres 2024, Prabowo, Ganjar Pranowo, Pilpres 2024,