Headline Agama   2022/05/16 10:37 WIB

Jelang Berangkat ke Tanah Suci, Calon Jemaah Haji Divaksin Meningitis Susulan

Jelang Berangkat ke Tanah Suci, Calon Jemaah Haji Divaksin Meningitis Susulan

PEKANBARU - Jelang berangkat ke Tanah Suci, Calon Jemaah Haji (CJH) divaksin meningitis susulan.

"Puluhan calon jemaah haji (CJH) asal Kota Pekanbaru jalani suntik vaksin meningitis susulan."

"Mereka yang menjalani suntik meningitis susulan merupakan CJH yang belum mendapat suntik saat jadwal yang telah ditetapkan. Para CJH tersebut merupakan jemaah yang belum menjalani vaksinasi meningitis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy, Sabtu (14/5/2022).

Suntik meningitis susulan itu dilaksanakan di Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap, Kota Pekanbaru sejak Kamis 13 Mei 2022 kemarin. Ada 36 CJH yang menjalani suntik meningitis ini.

Ratusan CJH asal Kota Pekanbaru sudah mendapat suntikan vaksin meningitis jelang berangkat ke tanah suci dengan total jumlah CJH yang sudah mendapat suntikan vaksin mencapai 681 orang. "Mereka telah mendapat suntikan vaksin di Puskemas Simpang Tiga dan Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap," kata Zaini Rizaldy. 

Zaini merinci bahwa secara keseluruhan ada 810 orang CJH yang menjalani pemeriksaan kesehatan ulang sebelum suntik vaksin meningitis. Mereka yang mendapat suntikan vaksin meningitis merupakan CJH yang berusia di bawah 65 tahun.

Para jemaah yang berusia di atas 65 tahun tidak bisa berangkat haji tahun ini karena pembatasan dari Pemerintah Arab Saudi. CJH berusia di atas 65 tahun pun tidak menjalani vaksin meningitis karena adanya pembatasan tersebut.

Zaini menyebut bahwa pihaknya menunggu informasi dari Kementrian Agama RI terkait jadwal keberangkatan para CJH asal Kota Pekanbaru. Ia menyebut bahwa dari segi kesehatan para CJH sudah jalani vaksin meningitis.

Dirinya mengatakan bahwa para CJH juga harus mendapat vaksinasi Covid-19 secara lengkap hingga vaksin dosis ketiga. Mereka harus mendapat vaksin booster jelang berangkat ke tanah suci.

Mayoritas CJH yang hendak berangkat sudah mendapat suntik vaksin booster. Bagi jemaah yang belum tuntas vaksin covid-19 bisa menyelesaikan vaksinasi sebelum jadwal keberangkatan ke tanah suci. (rp.sul/*)

Tags : Calon Jemaah Haji, CJH Jalani vaksin Meningitis Susulan, Jelang Berangkat ke Tanah Suci CJH di Vaksin, Agama,