Sosial   2023/12/31 22:34 WIB

Jelang Pergantian Tahun Masyarakat Lakukan Muhasabah Diri, 'untuk Masa yang akan Datang'

Jelang Pergantian Tahun Masyarakat Lakukan Muhasabah Diri, 'untuk Masa yang akan Datang'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau, Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution mengajak masyarakat untuk melakukan muhasabah diri.

"Jelang pergantian Tahun 2024."

"Artinya kita mau memasuki tahun baru, sudah selayaknya kita menjalani hidup ini, kita harus mengevaluasi atau bermuhasabah diri bagaimana kehidupan kita selama setahun ini," kata Gubri Edy Natar seperti dilansir mcr, Sabtu (30/12).

Menurutnya, akhir tahun bukan hanya saat untuk introspeksi, tetapi juga untuk membenahi diri guna melangkah lebih baik di masa yang akan datang.

Gubri menekankan, proses muhasabah diri ini melibatkan berbagai aspek kehidupan, termasuk karier, hubungan, spiritualitas dan perkembangan diri secara keseluruhan.

Dalam pandangannya, muhasabah bukan hanya tentang kesuksesan materi, tetapi juga mencakup kebahagiaan mental dan emosional.

"Muhasabah diri bukan hanya berfokus pada keberhasilan materi, tetapi juga mencakup aspek kebahagiaan mental dan emosional. Karna itulah saya mengingatkan agar bisa muhasabah diri," ungkapnya.

Gubri Edy Natar menegaskan, muhasabah diri memberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai penting dalam hidup dan membuka mata terhadap potensi diri yang mungkin belum sepenuhnya digali.

"Jadi kita harus mengingat betul bagaimana ketakwaan kita selama setahun ini. Sebenarnya makna tersebut sangat dalam, mari kita lihat kembali apa yang sudah kita lakukan," jelasnya.

Pesan Gubri Edy Natar tak hanya sebatas introspeksi, melainkan juga mengajak masyarakat untuk bersyukur dan berdoa di akhir tahun.

Ia berharap agar dengan muhasabah diri, masyarakat dapat menghadapi masa depan dengan ketenangan batin dan tekad semangat yang baru.

"Oleh karena itu, mari kita evaluasi diri kita, ibadah yang paling tepat untuk menghabiskan akhir tahun ini. Berdoa dan bersyukur dengan yang telah Allah berikan. Semoga di tahun depan kita bisa melakukan berbagai kebaikan lainnya," pungkasnya. (*)

Tags : pergantian tahun, 2024, masyarakat lakukan muhasabah, berfikir masa akan datang,