Pekanbaru   2023/03/06 9:26 WIB

Jelang Peringatan HUT Ke-4 Gedung MPP Terbakar, 'Akibat Konsleting Listrik yang Melahap Seluruh Ruangan'

Jelang Peringatan HUT Ke-4 Gedung MPP Terbakar, 'Akibat Konsleting Listrik yang Melahap Seluruh Ruangan'
Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru terbakar.

PEKANBARU - Kebakaran hebat melahap Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman pada Minggu 5 Maret 2023.

"Gedung MPP terbakar akibat konsleting listrik yang akan menunda peringatan HUT ke-4 ditunda."

"Tadi kabarnya ada konsleting dari ruang Sekda, ini saya juga baru dapat kabar. Ini baru nelpon Damkar," kata Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Akmal yang memastikan kebakaran diduga adanya konsleting listrik dari ruangan Sekdako.

Di gedung MPP yang terbakar, terdapat Kantor DPMPTSP, Ruang Pj Walikota Pekanbaru, Ruang Sekdako, Asisten I, Asisten II dan Asisten III Setdako Pekanbaru.

Kabar terbakarnya eks Kantor Walikota Pekanbaru yang semula sudah berubah menjadi Kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru ini dengan cepat beredar luas di media sosial, dan beberapa video di sejumlah grup whatsapp.

Tampak petugas Pemadam kebakaran tampak tengah berupaya melakukan pemadaman api. Belum diketahui apa yang menjadi penyebab kebakaran kantor pelayanan tersebut.

Kantor Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru ini diresmikan pada 6 Maret 2019 lalu oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin yang berada di bawah pengelolaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru.

Gedung MPP yang hangus terbakar dan seluruh isi gedung tiga lantai ini hanya menyisakan arang dan abu.

"Kami sempat melihat masuk ke dalam, jadi memang semua habis terbakar. Di gedung tengah MPP ini habis," kata Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun yang meninjau langsung saat kebakaran Gedung B MPP, Minggu (5/3/2023) siang.

Pj Walikota mengatakan, api yang melahap gedung tengah MPP ini sangat cepat merambat dari lantai 1 hingga lantai 3 ludes.ujar Muflihun, usai meninjau kondisi MPP pasca terbakar

Berdasarkan keterangan yang diterimanya, sumber api berasal dari ruangan Sekdako Kota Pekanbaru di lantai 3 MPP Pekanbaru.

"Sumber kebakaran dari ruangan pak Sekda, itu berdasarkan pengakuan dari security yang jaga ya. Itu diperkirakan sekitar jam setengah 10-an. Saya dapat informasi jam 10.10 WIB, dan luar biasa api cepat sekali menjalarnya," kata Muflihun.

"Kemungkinan bisa jadi dampak listrik. Karena pengakuan dari saksi, asal asap dari plafon," tambahnya.

Untuk kebenarannya kata Muflihun, itu akan ada keterangan dari pinak kepolisian. Nantinya, kepolisian akan melakukan cek forensik.

Tenant-tenant yang membuka layanan di MPP Gedung B ini juga tampak hangus terbakar. Reruntuhan plafon yang terbakar menimpa bagian-bagian bangunan yang ada di bawahnya. Termasuk layanan-layanan yang ada di lantai 1 MPP Pekanbaru.

Sekeliling Gedung B MPP juga sudah dipasang garis polisi. Lokasi juga turut diamankan oleh personel kepolisian, TNI, Satpol PP, Dishub, Damkar serta BPBD. Dari laporan Dinas PKP, ada 15 Damkar yang diturunkan untuk memadamkan api.

Kini seluruh isi gedung tiga lantai ini hanya menyisakan arang dan abu.

Tetapi Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun mengatakan, dari beberapa sumber diperoleh kebakaran dari ruangan pak Sekda, itu berdasarkan pengakuan dari security yang jaga ya. Itu diperkirakan sekitar jam setengah 10-an. "Saya dapat informasi jam 10.10 WIB, dan luar biasa api cepat sekali menjalarnya," kata Muflihun.

"Kemungkinan bisa jadi dampak listrik. Karena pengakuan dari saksi, asal asap dari plafon," tambahnya.

Kebakaran besar hanguskan Gedung B MPP Kota Pekanbaru mengakibatkan serangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun MPP yang ke-4 ditunda.

"Sempat kita dengar tadi, pak walikota menyampaikan, melihat kondisi seperti ini, ya kita pending lah (HUT ke-4 MPP)," kata Sekretaris DPMPTSP Kota Pekanbaru, Norpendike.

Ia memastikan untuk kegiatan peringatan HUT ke-4 MPP Pekanbaru kemungkinan ditunda, mengingat situasi dan kondisi Gedung B MPP Pekanbaru terbakar.

Ia pun belum bisa memastikan apakah kegiatan HUT ke-4 MPP Pekanbaru ini tetap dilanjutkan atau tidak, pada bulan-bulan berikutnya.

"Artinya apakah dilaksanakan pada bulan-bulan berikutnya kita tidak tahu juga, apakah batal atau pending," jelasnya.

Untuk kegiatan HUT ke-4 besok, hanya tinggal memberikan penghargaan kepada tenant-tenant yang terbaik. Ia menyebut, penilaian terhadap masing-masing tenant sudah dilakukan.

"Untuk penilaian sudah, tinggal memberikan penghargaan aja oleh pak wali," ucapnya.

Kini berbagai layanan-layanan yang berada di lantai 1 MPP turut terbakar hampir tak tersisa, tetapi masih berntung api tidak merambat ke gedung lainnya yakni A dan C. (*)

Tags : gedung mal pelayanan publik, gedung mpp pekanbaru terbakar, akibat konsleting listrik gedung mpp seluruh ruangan dilalap api, hut gedung mpp ditunda,