News Kota   2024/08/27 9:41 WIB

Jelang Pilkada Serentak 2024 Indeks Demokrasi Pekanbaru Tinggi

Jelang Pilkada Serentak 2024 Indeks Demokrasi Pekanbaru Tinggi
Ilustrasi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengimbau seluruh masyarakat menjaga stabilitas kota. Serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, mengungkapkan indeks demokrasi di Pekanbaru saat ini tergolong tinggi. Ditandai dengan tingginya pemberitaan media dan tingginya partisipasi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi.

"Kita bisa melihat saat ini bahwa indeks demokrasi di Kota Pekanbaru sangat tinggi. Ini terlihat dari pemberitaan yang sangat aktif dan antusiasme masyarakat, terutama generasi muda, dalam menyampaikan aspirasi mereka," ujar Indra Pomi, Senin (26/8/2024).

Meski demikian, Indra Pomi mengingatkan pentingnya menjaga stabilitas kota, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

"Imbauan kami adalah bagaimana kita menjaga stabilitas Kota Pekanbaru ini, terutama dalam kaitannya dengan kewajiban pemerintah untuk menjamin stabilitas keamanan dan politik di kota ini, termasuk juga stabilitas pemerintahan," tegasnya.

Ia juga menekankan pentingnya fokus pada visi dan misi para calon kepala daerah selama masa kampanye, serta menghindari penyebaran berita hoaks dan serangan pribadi.

"Silakan masyarakat memperdebatkan visi misi tiap-tiap calon kepala daerah, tapi jangan sampai percaya dengan hoax atau berita-berita miring yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Perdebatkan visi misinya, bukan pribadinya," jelasnya.

Dengan menjaga diskusi dan debat dalam koridor yang sehat, Indra Pomi berharap Pilkada di Pekanbaru dapat berjalan lancar dan tidak menimbulkan kerusuhan. Ini juga akan meringankan beban kerja KPU dan Bawaslu dalam menyelesaikan potensi sengketa.

Lebih lanjut, Indra Pomi menjelaskan bahwa saat ini Pemko Pekanbaru bersama dengan KPU dan Bawaslu tengah mempersiapkan proses pendaftaran bagi pasangan calon. Persiapan ini mencakup penetapan standar dan panduan teknis untuk memastikan proses pendaftaran berjalan efisien dan efektif.

"Dengan adanya persiapan ini, diharapkan proses pendaftaran calon kepala daerah dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak di 2024," jelasnya.

Indra Pomi juga mengingatkan pentingnya kerjasama semua pihak, termasuk masyarakat, untuk menjaga keamanan dan kedamaian selama proses Pilkada berlangsung.

"Kami berharap seluruh elemen masyarakat bisa bekerja sama menjaga keamanan dan kedamaian, sehingga Pilkada di Pekanbaru bisa berlangsung aman, tertib, dan damai," tutupnya.

Tags : demokrasi, pekanbaru, pilkada serentak 20204, demokrasi di pekanbaru, News Kota,