News Kota   2021/04/11 17:12 WIB

Jelang Ramadan, Dewan Minta Disperindag 'Intervensi' Harga Pangan

Jelang Ramadan, Dewan Minta Disperindag 'Intervensi' Harga Pangan

PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru minta Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) berinisiatif melakukan intervensi saat harga kebutuhan bahan pokok mulai merangkak naik menjelang Ramadan 1442 Hijiriah.

"Kita minta Pemko melalui Disperindag untuk melakukan intervensi pasar sebelum harga kebutuhan masyarakat kian tidak terkendali, pasalnya untuk saat ini harga sembako mulai merangkak naik," kata Munawar, Anggota DPRD Kota Pekanbaru belum lama ini.

Disamping itu, Disperindag perlu turun ke lapangan untuk memastikan tidak adanya oknum-oknum yang bermain dan melakukan penimbunan. "Disperindag harus turun dan memastikan tidak adanya penimbunan dan harus disiasati oleh pihak terkait agar tidak terjadi bahkan sampai langka jelang Ramadan dan membuat harga-harga makin mahal," ujarnya.

Pemko Pekanbaru dinilai perlu melaksanakan pasar murah serta operasi pasar untuk membantu meringankan beban masyarakat yang saat ini terdampak wabah virus corona. "Perlu dilakukan pasar murah selain untuk mengendalikan harga, setidaknya dapat meringankan beban masyarakat," pungkas Munawar. 

Pasar murah digelar

Sementara Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru bersama PT Sarana Pangan Madani (SPM) akan menyelenggarakan pasar murah di sejumlah kecamatan. "Untuk Pemko Pekanbaru kita mengadakan pasar murah melalui PT. SPM. Ini akan kita adakan di beberapa titik nantinya," kata Ingot, Kepala Disperindag Kota Pekanbaru.

Dia mengakui tetap melakukan pengawasan terhadap stabilitas ketersediaan dan harga bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadan. Pasar murah ini diselenggarakan untuk mengantisipasi dan menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok dalam Bulan Suci Ramadan. Menurutnya, dengan ada pasar murah tersebut dapat membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhan bahan pokok selama Bulan Suci Ramadan.

Untuk jadwal pasar murah sendiri, dikatakan Ingot bahwa sudah di susun dan akan diselenggarakan. "Waktunya saya tidak hafal. Namun dalam rangka bulan Ramadan ini," sebutnya menambahkan hingga saat ini berdasarkan pemantauan pihaknya ketersediaan bahan pokok masih mencukupi. Harga pun relatif fluktuatif dan belum terjadi peningkatan tajam. (*)

Tags : Ramadan 1442 H, Dewan Minta Intervensi Harga Pangan, Disperindag Pekanbaru,