Headline News   2021/04/12 20:10 WIB

Jelang Ramadhan Stok Bahan Makanan Aman, Dinas Perdagangan Riau: Beberapa Barang Alami Kenaikan

Jelang Ramadhan Stok Bahan Makanan Aman, Dinas Perdagangan Riau: Beberapa Barang Alami Kenaikan

RIAUPAGI.COM, PEKANBARU - Jelang Ramdhan 1442 Hujriyah Tahun 2021 stok bahan makanan aman, walau beberapa barang alami kenaikan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPK UKM) Provinsi Riau, Asrizal mengatakan menjelang bulan puasa stok bahan makanan di Riau aman. Walau beberapa barang mengalami kenaikan namun stok bahan masih tersedia. "Hasil laporan dari 12 kabupaten/kota, bahan pokok yang ada cukup persediaannya untuk tiga bulan ke depan. Artinya aman untuk menghadapi Ramadan hingga Idul Fitri nantinya," kata DPPK UKM, Asrizal pada wartawan, Senin (12/4).

Bahkan Asrizal klaim cukup untuk tiga bulan ke depan. Ia mengaku telah mengundang 12 kabupaten kota di Riau untuk membicarakan kesediaan bahan makanan pada awal April. Namun Ia tak menampik soal kenaikan harga-harga seperti cabai merah, cabai rawit. "Harganya cenderung sudah di atas Harga Eceran Tertinggi (HET)," katanya.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Provinsi Riau pada Maret 2021 mengalami inflasi sebesar 0,01 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,39 naik dari bulan sebelumnya sebesar 105,28. Komoditas yang punya andil inflasi seperti cabai merah, obat dengan resep, ikan serai, bawang merah, sepeda motor, Ikan tongkol rokok kretek filter, cumi-cumi, ikan asin teri, daging ayam ras, minyak goreng, tempe dan lain-lain. Sedangkan yang menyumbang deflasi seperti cabai rawit, emas, beras, telur ayam ras, pisang dan lain-lain. (rp.sul/*)

Tags : Jelang Ramdhan, Stok Bahan Makanan Aman, Dinas Perdagangan Riau, Beberapa Barang Alami Kenaikan ,