Headline Riau   2021/02/03 12:18 WIB

Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting: 'Santani' Diharap Ikut Berdayakan Usaha Tani

Asisten I Setdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting: 'Santani' Diharap Ikut Berdayakan Usaha Tani

Pemerintah Provinsi Riau berharap Organisasi Santri Tani (Santani) bisa ikut berperan untuk meningkatkan usaha tani sesuai dengan program Kementrian (Kementan) Pertanian RI.

RIAUPAGI.COM, PEKANBARU - Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Jenri Salmon Ginting minta Organisasi Santani ikut berdayakan dan gerakkan santri untuk meningkatkan usaha tani.

"Memberdayakan dan menggerakkan para santri dalam meningkatkan usaha tani adalah salah satu program dari Kementerian Pertanian RI, untuk itu kita harapkan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Organisasi Santri Tani (Santani) bisa ikut berperan untuk meningkatkan usaha tani," kata Jenri Salmon saat menghadiri sekaligus memberikan sambutan acara pelantikan DPW Santani masa bakti 2021-2025 di Hotel Ayola First Point Pekanbaru, Jumat kemarin.

Jenri menyampaikan bahwa momentum pelantikan pengurus DPW Sentani merupakan salah satu langkah maju bagi organisasi Santani untuk memberdayakan dan menggerakkan para santri dalam meningkatkan usaha tani. Menurutnya, program dari Kementerian Pertanian RI ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan nasional dan daerah. Hal ini juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk lebih fokus  kepada pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Menteri Pertanian secara serius melakukan pembinaan pada generasi muda dan penyiapan generasi SDM dan regenerasi pertanian semua kalangan tak terkecuali santri dan pesantren di Indonesia. Dengan fokus pemerintah untuk melestarikan berbagai target swasembada dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional terus dilakukan. "Hal ini menjadi sangat penting karena urusan pangan ialah urusan hidup matinya bangsa namun ada hal yang tidak kalah pentingnya dalam mewujudkan target swasembada pangan yakni upaya mempersiapkan generasi dan meningkatkan sumber daya manusia yang unggul," ujarnya.

Terutama di era revolusi industri kini, di mana program regenerasi dikemas dalam gerakan petani milenial dan santri milenial yang dilakukan untuk mencapai kemandirian pangan nasional melalui modernisasi pertanian dan mekanisasi usaha tani. "Sehingga nantinya para santri memiliki kemampuan bertani secara modern termasuk melakukan bisnis pemasaran di bidang pertanian," sebutnya yang acara itu juga dihadiri Sekjen Santani Pusat Asep Miftahuddin, Dewan Pakar DPW Riau Moh Targhib, Ketua DPW Riau Ahmad Yahya beserta para pengurus DPW Santani Riau yang telah dilantik. (*)

Tags : Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Jenri Salmon Ginting, DPW Organisasi Santri Tani, Berdayakan dan Tingkatkan Usaha Tani,