Pendidikan   2023/06/24 12:4 WIB

Jika PPDB Online Bermasalah atau Server Error Masih Bisa Daftar di Sekolah, kata Kadisdik Abdul Jamal

 Jika PPDB Online Bermasalah atau Server Error Masih Bisa Daftar di Sekolah, kata Kadisdik Abdul Jamal

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Tahun ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menerapkan sistem online pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri

"Jika PPDB Online bermasalah masih bisa daftar di sekolah."

"Jadi para orangtua maupun siswa tidak perlu lagi datang berbondong-bondong ke sekolah yang dituju. Para orangtua atau siswa cukup mendaftarkan dirinya ke sekolah yang dituju dengan handphone atau smartphone mereka," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal,  Jumat (23/6).

Para calon siswa cukup duduk di rumah dan menyiapkan berkas yang diperlukan untuk pendaftaran.

Namun begitu, sistem online ini tidak semata-mata menjadi patokan untuk mendaftar PPDB tahun. Sistem offline akan berlaku jika PPDB online mengalami kendala.

Jika terjadi kendala jaringan atau PPDB online tidak bisa diakses ke sekolah yang dituju, maka orangtua atau calon siswa bisa datang langsung ke sekolah. Mereka bisa langsung mendaftar ke sekolah.

Kadisdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan, ada operator dari dinas yang akan membantu calon siswa untuk mendaftarkan diri ke sekolah yang dituju. PPDB online ini bakal berlangsung serentak pada 26 Juni 2023.

"Nanti kalau ada gangguan, masyarakat tidak bisa mengakses secara online dari rumah maka bisa datang langsung ke sekolah. Karena di sekolah kita siap membantu," ujar Jamal.

Dikatakannya, saat ini pihaknya sudah membuka uji coba atau simulasi PPDB online. Orangtua bisa mencoba mendaftarkan anak mereka ke sekolah yang dituju. Simulasi ini berlangsung selama dua minggu menjelang 26 Juni 2023 mendatang.

Pihaknya pun tidak menampik dalam simulasi PPDB yang sudah dibuka sejak seminggu lalu ada kendala yang ditemukan. Para orangtua tidak bisa mendaftar ke sekolah yang dituju.

"Ya, kendala-kendala teknis tentu ada. Namun kita ada tenaga ahli untuk memperlancar sistem PPDB online ini. Mudah-mudahan kedepan lancar. Tanggal 26 juni nanti baru kita buka PPDB," pungkasnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : penerimaan peserta didik baru, ppdb online, siswa bisa daftar di sekolah, Disdik pekanbaru abdul jamal,