Headline Pekanbaru   2022/02/08 18:16 WIB

Jokowi Ingatkan Pemko Percepat Vaksinasi Lansia dan Memperketat Penerapan Prokes

Jokowi Ingatkan Pemko Percepat Vaksinasi Lansia dan Memperketat Penerapan Prokes

PEKANBARU - Presiden RI Joko Widodo mengingatkan Pemerintah Kota (Pemko) mempercepat vaksinasi bagi lanjut usia (Lansia) dan memperketat penerapan Protokol Kesehatan.

Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengakui himbauan Presiden Jokowi bahwa lansia merupakan warga yang rentan terhadap Covid-19.

"Pemko Pekanbaru diminta Presiden RI Joko Widodo untuk mempercepat vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia)."

"Lansia menjadi sasaran karena rentan terpapar Covid-19. Jadi beliau (Jokowi) sampaikan agar lakukan percepatan vaksinasi bagi lansia," kata Walikota Firdaus didepan media, Selasa (8/2/2022).

Selain vaksinasi, lanjut Presiden Jokowi, pemerintah kota juga diingatkan agar memperketat penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pekanbaru, per tanggal 7 Februari 2022 kemarin, kata Walikota, warga lansia yang divaksin I baru 33.689 orang atau sekitar 63,9 persen dari target 52.759 orang. Sementara vaksinasi II mencapai 28.953 orang atau 54,9 persen.

Kemudian pemerintah daerah melalui Satgas Covid-19 juga diminta untuk mengoptimalkan ruang isolasi di rumah sakit dan isolasi terpusat.

Nantinya, bagi warga yang terkonfirmasi atau terpapar Covid-19 dengan gejala ringan bisa menjalani isolasi mandiri atau isolasi terpusat. Sedangkan pasien dengan gejala sedang dan berat bisa jalani isolasi di rumah sakit.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 varian Omicron yang lebih gampang penyebarannya. "Presiden juga mengingatkan agar seluruh kota lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap varian Omicron," ujar Firdaus. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Vaksinasi Lansia, Pemko Pekanbaru Percepat Vaksinasi, Pemko Memperketat Penerapan Protokol Kesehatan,