Headline Bisnis   2024/07/10 13:0 WIB

Jusuf Kalla Optimis Produksi Minyak Blok Rokan Meningkat Lewat Teknologi-Sumur Baru

Jusuf Kalla Optimis Produksi Minyak Blok Rokan Meningkat Lewat Teknologi-Sumur Baru
Jusuf Kalla Optimis Produksi Minyak Blok Rokan

BENGKALIS - Pemilik atau owner perusahaan multinasional PT Bukaka Teknik Utama Tbk, Jusuf Kalla mengecek operasional pompa angguk di Duri Steam Float, Bengkalis, Riau. JK datang untuk memastikan operasional di Blok Rokan.

JK datang melihat langsung pompa angguk sedalam 3.000 meter. Pompa angguk milik Bukaka telah beroperasi lebih dari 30 tahun sejak Blok Rokan belum dikelola Pertamina Hulu Rokan.

"Pompa angguk ini 24 jam ngangguk terus. Itu di sini 6.500 (pompa angguk) kita telah mensuplai ini puluhan tahun," kata JK saat meninjau pompa, Selasa (9/7/2024).

Jusuf Kalla ingin memastikan industrinya ikut mendukung pemerintah, khususnya Pertamina dalam mendongkrak produksi. Begitu juga dengan teknologi dan fasilitas pendukung lain.

"Bagaimana kita industri ini mendukung Pertamina menaikkan kembali produktivitas dengan sarana pompa minyak yang bagus, berkualitas dan tahan," katanya.

Tidak hanya itu saja, Jusuf Kalla melihat seluruh produk Bukaka dan PJR kini diproduksi SDM dalam negeri. Jusuf Kalla mengaku bangga produk-produk dalam negeri kini sudah mulai digunakan dan diakui di dunia industri.

"Ini dulu semua diimpor sekarang semua buatan dalam negeri. Jadi Pertamina ini benar mempertahankan TKDN dalam negeri. Jadi kalau anda lihat penuh pompa-pompa itu semua buatan dalam negeri," kata Jusuf Kalla.

"Kita ingin kepada siapa saja percayalah dalam negeri, khususnya pejabat untuk percayalah buatan dalam negeri. Jangan semua impor, sikit-sikit impor, selalu tidak percaya kemampuan insinyurnya," katanya lagi.

Terkait penurunan produksi minyak, Jusuf Kalla menilai ada beberapa faktor. Salah satunya faktor alam yang perlu ditingkatkan lewat sumur baru dan teknologi baru.

"Terjadi penurunan itu alamiah, tetapi kita harus naikkan lagi dengan menambah sumur baru yang bisa mendukung itu. Contoh pompa sekarang dengan 30 tahun lalu, kan lebih baik. Itulah cara kita bantu bangsa ini lewat teknologi baru," kata Jusuf Kalla.

Dalam kunjungan, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Endah Rumbiyanti, Manager O&M Business Service Pertamina Hulu Rokan. Termasuk jajaran direksi PT Bukaka Teknik Utama Tbk. (*)

Tags : migas riau, produksi minyak blok rokan, teknologi sumur baru, bisnis,