Headline News Kota   2023/10/06 14:0 WIB

Kabel Provider Semrawut yang tak Beraturan, 'Warga Makin Pusing Sampai ke Ubun-ubun'

Kabel Provider Semrawut yang tak Beraturan, 'Warga Makin Pusing Sampai ke Ubun-ubun'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Keluhan warga Pekanbaru terkait kabel-kabel provider yang semrawut terus mengalir kepada Pemko Pekanbaru.

"Kabel provider semrawut tak beraturan."

"Terkait aduan warga tentang kabel-kabel baik internet dan TV kabel di pekanbaru, kita sudah koordinasi dengan Apjatel. Sementara ini kita lakukan pendataan dan surati penyedia jasa," kata Kadiskominfotik Pekanbaru, Raja Hendra Saputra, Kamis (5/10).

Dalam menghadapi masalah ini, Pemko Pekanbaru telah memastikan akan mengambil langkah tegas untuk menertibkan kabel-kabel yang semrawut tersebut.

Raja Hendra Saputra mengungkapkan, keluhan dari warga mencakup berbagai jenis kabel, mulai dari kabel internet hingga TV kabel.

Sebagai langkah awal, Pemko telah berkoordinasi dengan Asosiasi Penyedia Jasa Telekomunikasi (Apjatel) untuk mengatasi masalah ini.

Raja Hendra juga memberikan imbauan kepada penyedia jasa provider untuk menertibkan kabel-kabel yang semrawut. Pemko Pekanbaru telah membentuk satuan tugas khusus untuk menindaklanjuti masalah ini.

"Kami sudah imbau untuk segera menertibkan dan merapikan kabel-kabel di pekanbaru. Terkait aduan tersebut kita sudah bentuk satuan tugas. Termasuk nanti tertibkan, kalau tidak diindahkan bisa pemotongan kalau membahayakan dengan masyarakat," tambahnya.

Satuan tugas tersebut juga melibatkan personel Satpol PP dan Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), mengingat izin terkait perizinan kabel-kabel tersebut diberikan pusat.

"Kita koordinasi dengan Satpol PP dan DPMPTSP. Sebab ini izin dari pusat dan kita terus memantau," jelas Raja Hendra.

Masalah-masalah yang telah diidentifikasi Diskominfotik terkait kabel semrawut mencakup kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kabel di jalan dan drainase tersumbat akibat kabel fiber optik (FO), yang dapat memicu banjir.

Raja Hendra juga mendapatkan keluhan dari beberapa Ketua RW di Pekanbaru terkait masalah kabel semrawut ini.

Dia mengajak masyarakat untuk turut serta dalam pengawasan, termasuk dengan menanyakan perizinan saat ada pemasangan kabel.

"Ya kita nanti akan lakukan penertiban. Ada juga ketua RW melayangkan surat keberatan dan menanyakan izin terkait ada kegiatan. Warga boleh tanyakan, lalu nanti koordinasi ke kita," tutupnya. (*)

Tags : kabel provider, kabel semrawut, kabel tak beraturan, warga resah lihat kabel provider semrawut, News Kota,