Pendidikan   2023/10/03 19:16 WIB

Kadisdik Dr Kamsol Instruksikan Kepsek agar Siswa Gunakan Masker, 'untuk Hindari Kabut Asap'

Kadisdik Dr Kamsol Instruksikan Kepsek agar Siswa Gunakan Masker, 'untuk Hindari Kabut Asap'
Dr Kamsol, Kadisdik Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kepala Dinas Pendidikan [Kadisdik] Riau, Dr Kamsol mengintruksikan seluruh kepala sekolah di Riau mengimbau siswanya menggunakan masker.

"Khususnya sekolah yang ada di daerah dilanda kabut asap gunakan masker."

"Bagi sekolah yang di daerahnya terjadi kabut asap, agar mengimbau siswanya menggunakan masker," kata Dr Kamsol didepan media, Selasa (3/10).

Kadisdik Riau instruksikan Kepsek agar siswa gunakan masker untuk menghindari kabut asap.

Upaya ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dampak buruk bagi kesehatan siswa akibat udara yang tidak sehat. Sebab beberapa hari ini udara di Pekanbaru sudah berada pada level tidak sehat.

"Orangtua siswa juga harus mengawasi anak-anaknya. Sepulang sekolah, kalau bisa kurangi aktivitas di luar rumah, karena udara di pekanbaru sedang tidak sehat," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada siswa agar banyak minum putih dan mengkonsumsi vitamin.

"Bawa minum ke sekolah, usahan banyak minum air putih," katanya.

Sementara itu Kalaksa BPBD Riau, Edi Afrizal menegaskan, kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru dan sekitarnya bukan akibat Karhutla di Riau, melainkan asap berasal dari provinsi tetangga, yakni Jambi dan Sumsel.

"Ini asap dari provinsi tetangga kita. Angin mengarah ke riau, sehingga asap dari Karhutla di Sumsel dan jambi masuk ke riau," kata Edi.

Jika melihat hasil pemantauan satelit yang dirilis BMKG, kata Edi, hotspot di kedua Provinsi ini cukup banyak, dan belum terkendali.

"Ditambah lagi musim panas dan tidak ada hujan di Sumsel," tukasnya. (*)

Tags : kepala dinas pendidikan, kadisdik riau kamsol, kadisdik riau instruksikan kepsek, siswa gunakan masker, hindari kabut asap,