Pekanbaru   2021/06/18 22:10 WIB

Kadiskes Riau Tegaskan Dua Orang Warga Meninggal Dunia Bukan Akibat Divaksin

 Kadiskes Riau Tegaskan Dua Orang Warga Meninggal Dunia Bukan Akibat Divaksin
Kadiskes Riau, Mimi Yuliana Nazir

PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes), Riau Mimi Yuliana Nazir menegaskan bahwa dua warga meninggal dunia bukan akibat vaksin. Sebelumnya dua orang warga asal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Rokan Hulu (Rohul) dikabarkan meninggal dunia sepekan setelah disuntik vaksin.

"Itu warga yang meninggal dunia setelah seminggu vaksinasi, bukan berarti karena vaksinasinya. Tapi, disebabkan penyakit bawaan. Karena tidak bisa juga setiap orang ada apa-apa (meninggal) dikaitkan dengan vaksinasi," kata Mimi dirilis Kompas.com, Kamis (17/6).

Menurutnya, dua warga Riau yang meninggal dunia setelah divaksin itu telah dilakukan investigasi dan observasi oleh Komisi Daerah (Komda) Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Provinsi Riau. "Hasil investigasi dan observasi Komda KIPI, itu dua warga yang meninggal bukan disebabkan oleh vaksinasi. Tetapi, karena penyakit yang diderita oleh yang bersangkutan. Dan itu sudah dijelaskan Komda KIPI, karena itu domainnya mereka segala sesuatu yang terjadi setelah vaksin," jelas Mimi.

Karena itu, Mimi mengimbau kepada masyarakat tidak perlu takut dengan beredar kabar tentang vaksin yang belum tentu kebenarannya. "Vaksin ini sudah diuji klinis dan aman untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jadi, masyarakat tak perlu khawatir dengan vaksin," imbuh Mimi.

Untuk diketahui, selama pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Riau, Komda KIPI Provinsi Riau sudah menerima sebanyak 56 kasus KIPI. Setelah dilakukan klasifikasi 49 kasus, dinyatakan sebagai kasus KIPI ringan. "Sedangkan tujuh kasus lagi masuk dalam klasifikasi KIPI berat atau serius. Dari tujuh kasus KIPI berat ini ada dua yang meninggal dunia," kata Ketua Komda KIPI Riau, dr Ligat Pribadi, Kamis.

Ligat mengatakan, dari tujuh kasus KIPI berat ini, selain dua meninggal dunia, saat ini masih ada satu pasien lagi yang masih dirawat di rumah sakit swasta di Pekanbaru. Kemudian yang empat orang lagi sudah sembuh. "Sedangkan dua pasien meninggal dunia setelah seminggu divaksinasi adalah warga Indragiri Hulu dan warga Rokan Hulu," sebut Ligat. (*)

Tags : Kadiskes Riau Mimi Yuliana Nazir, Dua Orang Warga Meninggal Dunia Bukan Akibat Divaksin, Vaksin Covid-19,