News Daerah   2024/05/25 12:38 WIB

Kapal Bina Jaya di Rohil Dihantam Cuaca Buruk Jadi Alami Kerusakan dan 8 ABK Selamat

Kapal Bina Jaya di Rohil Dihantam Cuaca Buruk Jadi Alami Kerusakan dan 8 ABK Selamat

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.COM - Kapal KM Bina Jaya II mengalami kerusakan di tengah laut, tepatnya di Perairan Sinaboy, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Kapal Bina Jaya di Rohil dihantam cuaca buruk."

"Pukul 0930 WIB KM Bina Jaya II bertolak dari pelabuhan Portklang Malaysia tujuan Panipahan Rokan Hilir. Namun pukul 10.00 WIB kapal mengalami kerusakan berupa anjungan kapal patah, AS kemudi patah dan rusaknya bangunan anjungan kapal akibat cuaca buruk," kata Kepala Basarnas Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya, Senin (12/12).

Kapal yang berlayar dari Partklang Malaysia itu rusak akibat cuaca buruk saat berlayar menuju Panipahan, Rokan Hilir, Minggu 11 Desember 2022.

Beruntung, delapan orang anak buah kapal (ABK) yang berada di dalam kapal tersebut berhasil diselamatkan. Meski sempat terombang-ambing di laut selama beberapa jam.

Tim SAR yang memperoleh laporan mengenai kerusakan kapal tersebut kemudian bergerak cepat menuju titik koordinat yang diinformasikan.

"Tim SAR gabungan telah menemukan delapan orang ABK Kapal Bina Jaya II yang mengalami kerusakan dalam keadaan selamat. Korban langsung dibawa dan kapal langsung di towing oleh agen Kapal Bina Jaya II ke pelabuhan Penipahan Rokan Hilir," ujarnya.

Adapun delapan ABK yang berhasil diselamatkan yakni Edi Syafruddin yang merupakan nakhoda kapal, Suparto, Suparno, Injo Ciong Guan, Suryadi, Radden Rumahorbo, Agus Rianto serta Edi Syahrial. (*)

Tags : kapal bina jaya, rohil, kapal dihantam cuaca buruk, anak buah kapal bina jaya selamat, News Daerah,