News   2023/11/29 14:5 WIB

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal Pimpin Apel Pengamanan Pemilu 2023-2024

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal Pimpin Apel Pengamanan Pemilu 2023-2024
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengecek personel (Dok Humas Polda Riau)

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memimpin upacara apel siaga tahap II Operasi Mantap Brata (OMB).

Apel siaga khusus pengamanan Pemilu 2023-2024 itu digelar di Mapolda Riau Kamis 29 November 2023 sore ini.

Operasi tahap II dalam rangka prngamanan tahapan kampanye dilaksanakan selama 34 hari yakni mulai 28 November hingga 31 Desember 2023.

Apel siaga digelar dalam mempersiapkan kegiatan pemilu yang hari ini sudah dimulai.

Dalam apel tercatat ada 977 personel ikut dilibatkan. Seluruhnya adalah personel Polda Riau dan jajaran yang disiapkan untuk pengamanan tahapan kampanye Pemilu 2024 di Bumi Lancang Kuning.

Irjen Mohammad Iqbal juga mengapresiasi pasukannya yang cekatan dan mampu menjawab pertanyaannya dengan sigap dan tangkas. Terutana soal soal tugas-tugas yang mereka emban.

"Tahun politik ini, mari kita jaga dan jamin keamanan dan kenyamanan masyarakat. Insyaallah penuh integritas dan marwah dijaga secara detail," ujar Irjen Mohammad Iqbal, Selasa (28/11/2023).

Mantan Kadiv Humas Polri itu menyebut apel kesiapsiagaan merupakan inisiasi kepolisian. Mengingat, kegiatan kampanye sudah mulai dilakukan hari ini sesuai jadwal yang ditentukan KPU.

"Sengaja kami menginisiasi melaksanakan apel karena momentum hari ini dilaksanakan kampanye. Artinya operasional sudah dan hari ini sudah ada calon legislatif yang kampanye," katanya.

Tak hanya pengarahan, Iqbal juga turun langsung mengecek persiapan peralatan hingga personel yang terlibat. Termasuk mengingatkan terkait tugas satgas yang terlibat.

"Saya cek semua kesiapsiagaan satgas, semua satgas sudah teman-teman lihat jumlahnya, namanya, apa yang boleh dan tidak boleh. Alat-alat kepolisian juga semua sudah siap. Termasuk dukungan anggaran dan ini bukti Polda Riau siap menjamin keamanan, kondusif dalam mewujudkan pemilu yang penuh berkah," kata Irjen Iqbal.

Tak hanya itu saja, personel yang terlibat disebut tidak hanya santai-santai. Sebab, mereka sudah melakukan persiapan dan latihan bersama hingga patroli keamanan.

"Ada 977 personel hari ini sudah apel untuk melaksanakan pengamanan tahap kedua operasi sampai 31 Desember. Lalu untuk 1 Januari nanti ada tahap ketiga, kampanye terbuka," katanya.

"Kami lakukan pengawasan pengendalian hari ini. Ini bukan berhenti di sini saja, satgas-satgas menjaga dan semua personel tahu untuk mengantisipasi sejak dini," kata Iqbal memuji personel yang ikut terlibat. (*)

Tags : Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal, Apel Pengamanan Pemilu 2023-2024, Kapolda Riau Pimpin upacara apel siaga tahap II Operasi Mantap Brata, News ,