Bisnis   2024/03/17 15:4 WIB

Karyawan Berpendapatan Tinggi Punya Resiko yang Penuh Tekanan, 'Seperti Terbelenggu Diborgol Emas'

Karyawan Berpendapatan Tinggi Punya Resiko yang Penuh Tekanan, 'Seperti Terbelenggu Diborgol Emas'
Gaya hidup menjadi salah satu faktor yang membuat para pekerja bertahan di bawah tekanan pekerjaan.

KARYAWAN berpendapatan tinggi punya resiko kerja. Banyak perusahaan memikat karyawan dengan iming-iming kekayaan – yang pada akhirnya menyebabkan karyawan mengorbankan kehidupan pribadi mereka.

Hanya beberapa orang yang bisa meninggalkan pekerjaannya.

Lewis tahu bahwa gaji ratusan ribu euro yang dia terima harus diganjar dengan tempat kerja yang penuh tekanan.

Konsultan tingkat pemula yang bermarkas di Berlin ini percaya bahwa stres yang dialaminya sepadan dengan upaya dia untuk mendapatkan gaji pokok sebesar €150,000 (atau saat ini senilai Rp2,5 miliar) di salah satu perusahaan paling bergengsi di dunia.

Jika menerima kondisi tersebut dengan imbalan gaji yang tinggi – itulah permainannya. Jika Anda tidak bekerja 12 jam berturut-turut, jawabannya adalah 'Bisa dibayar mahal, jadi karyawan harus melakukannya'," katanya.

“Ketika Anda mendapatkan gaji yang tinggi, hal ini merupakan hambatan psikologis – Anda merasa telah mendapatkannya, dan bekerja sangat keras untuk mencapainya. Anda ingin keluar, tetapi berapa banyak potongan gaji yang dapat Anda terima?”

Ibaratnya Lewis memakai "borgol emas", situasi di mana pekerja terjebak dalam pekerjaan dan karier yang sebenarnya mereka benci dengan imbalan gaji besar dan fasilitas mewah.

Meskipun ada keluhan mengenai pekan-pekan yang menyiksa, tugas-tugas yang membosankan, dan budaya yang tidak sehat, perusahaan-perusahaan menawarkan banyak uang kepada para pekerja yang sering kali membangun kehidupan mereka dari gaji yang besar.

Meskipun beberapa orang dapat melepaskan diri dari “borgol emas” demi mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan yang lebih sehat, ada pula yang merasa bahwa hal tersebut hampir mustahil untuk dilepaskan – dan harus menanggung konsekuensinya.

“Borgol emas” adalah praktik yang sudah lama dilakukan oleh perusahaan, kata Rubab Jafry O'Connor, profesor terkemuka di Tepper School of Business Universitas Carnegie Mellon, di Pittsburgh, AS.

“Selama organisasi-organisasi masih ada, sudah banyak perusahaan yang membayar gaji tinggi untuk mempertahankan pekerja terbaiknya.”

Istilah ini pertama kali muncul pada 1976, yang menandakan era di mana gaji para bankir Wall Street mulai jauh melebihi gaji rata-rata pekerja sektor swasta.

Besarannya tentu lebih besar dari gaji pokok, dengan keseluruhan paket pendapatan yang dilengkapi dengan opsi saham, bonus dan tunjangan tahunan yang sampai mencapai enam digit – dan seterusnya.

Bagi pengusaha, “borgol emas” bukan hanya alat retensi tradisional, melainkan juga sarana untuk memastikan pekerja secara rutin melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya, kata Jafry O'Connor.

Kompensasi yang besar berarti karyawan harus tunduk pada keinginan perusahaan. “Jika saya membayar kamar di Fairmont, saya mengharapkan lebih dari jika saya menginap di Motel 6,” katanya, membandingkan jaringan hotel mewah dengan jaringan hotel berbiaya rendah.

“Jadi, dengan gaji yang lebih besar, muncul pula ekspektasi yang lebih besar: Anda akan diberi kompensasi atas waktu dan energi ekstra yang harus Anda curahkan untuk pekerjaan itu.”

Namun, sebagai imbalan atas gaji yang besar, para pekerja sering kali harus menanggung membayarnya dengan kualitas hidup mereka. Hal ini khususnya terjadi pada karyawan tingkat junior – dalam banyak kasus, pekerjaan dilakukan secara bertahap dari tingkat atas.

"Mitra menjual proyek untuk menghasilkan uang guna mendapatkan bonus," Lewis menjelaskan situasinya di konsultan tersebut. "Untuk menghasilkan penjualan, mereka memberikan janji yang berlebihan: proyek yang berdurasi tiga bulan memiliki tenggat waktu tiga minggu. Para pekerja di lapisan bawahlah yang melakukan kerja keras, sehingga membuat jam kerja lebih panjang, stres, tekanan, dan budaya kerja yang buruk."

Di tingkat yang lebih tinggi, paket pendapatan menjadi lebih menggiurkan – dan “borgol emas” semakin ketat.

Ryan Renteria, penulis Lead Without Burnout, adalah seorang mitra di dana lindung nilai Wall Street ketika dia berhenti, pada usia 30 tahun. "Peluang kompensasi tidak masuk akal," katanya.

“Setiap enam bulan setelah Anda membukukan hasil investasi yang kuat, Anda akan menerima bonus besar lainnya yang ditangguhkan sebagian – Anda akan kehilangannya jika Anda keluar.”

Namun, Renteria kehabisan tenaga – dan pergi. “Dampak pekerjaan ini tidak baik buat kesehatan mental dan fisik saya,” katanya.

"Tingkat kecemasan dan stres saya sangat tinggi; pola makan, olahraga, dan tidur saya berantakan. Saya keluar karena saya merasa melanjutkan jalur ini akan menghancurkan segalanya yang penting bagi saya."

Namun, ketika para pekerja tidak bahagia, mereka seringkali kesulitan melepaskan diri dari belenggu “borgol emas”.

Lucy Maeve Puttergill mengatakan pada tahun pertamanya bekerja di Canary Wharf, London, dia menyadari bahwa perbankan bukanlah karier yang tepat untuknya. Namun, dia bertahan selama sembilan tahun.

"Saya terjebak dalam gengsi, dan hal itu membuat saya terdengar mengesankan di mata orang lain. Dan saya sudah terbiasa dengan angka-angka yang dibuat orang di perbankan sebagai hal yang 'normal', saya berasumsi bahwa itulah yang Anda perlukan untuk menjadi mencapai tahap finansial yang baik."

“Borgol emas” sulit untuk dihilangkan bukan hanya karena gaji, kata Puttergill, melainkan juga gaya hidup yang memungkinkannya.

“Seseorang dengan pekerjaan bergaji tinggi biasanya memiliki pengeluaran yang tinggi, terkait dengan seberapa keras mereka bekerja. Saya menghabiskan banyak uang dengan mati rasa: membeli pakaian untuk membuat diri saya merasa lebih baik. Menguraikan hubungan saya dengan uang diperlukan agar saya bisa keluar ."

Puttergill telah dilatih kembali sebagai seorang profesional kesehatan yang membantu orang mencapai kesuksesan di berbagai bidang kehidupan. Banyak kliennya bekerja dengan gaji tinggi, termasuk dari sector perbankan, hukum dan konsultasi, biasanya pada pertengahan karir.

“Beberapa orang akan mengatakan mereka ingin berhenti, atau lelah dan stres,” katanya. "Mereka mati rasa, tetapi tidak menyadarinya."

Dia mengatakan perbincangan seputar dampak kesehatan mental yang terkait dengan “borgol emas” telah berkembang di dunia kerja yang terus berubah.

Namun, ia memperingatkan bahwa paket-paket pendapatan ini akan tetap ada – dan dalam perekonomian yang tidak menentu, akan lebih banyak pekerja yang akan bertahan, apa pun kondisinya.

“Sebelum tahun 2008, lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan dan pensiun dini, tetapi saat ini sangat sedikit yang mampu menghasilkan jutaan dolar dan berhenti bekerja pada usia 35 tahun,” katanya.

"Yang mengikat Anda lebih dari sekadar gaji, ada juga gaya hidup, kelompok pertemanan, dan harga diri."

Lewis mampu melepaskan “borgol emasnya”. Dia mengatakan selain "keseimbangan kehidupan kerja yang buruk, jam kerja yang panjang berdampak negatif pada hubungan saya, budaya penindasan," dia tidak melihat jalan menuju promosi, yang akhirnya mendorong dia ke tepi jurang.

Meski begitu, meskipun ia menerima pemotongan gaji sebesar 10% untuk pekerjaan barunya, ia tetap bertahan di bidang konsultasi – sebuah industri dengan kompensasi dan ekspektasi yang tinggi. Ia yakin hasil antara gaji dan keseimbangan kehidupan kerja masih sepadan.

“Saya berpikir untuk meninggalkan industri ini, tetapi pendapatan seperti ini tidak tersedia di tempat lain,” katanya. "Setelah Anda mendapatkan gaji tertentu, itulah nilai Anda – penurunan gaji dalam jumlah besar tidak mungkin dilakukan". (*)

Tags : Karyawan, Berpendapatan Tinggi, Karyawan Punya Resiko Tekanan, Ekonomi, Gaya hidup, Pekerjaan,