Headline Kesehatan   2022/08/22 12:54 WIB

Walau Kasus Corona Melonjak Tak ada yang Meninggal Dunia, ' Tapi Aplikasi PeduliLindungi Mal-Hotel Tetap Diaktifkan'

Walau Kasus Corona Melonjak Tak ada yang Meninggal Dunia, ' Tapi Aplikasi PeduliLindungi Mal-Hotel Tetap Diaktifkan'

PEKANBARU - Pemko Pekanbaru mengimbau pengelola mal dan hotel agar mengaktifkan kembali aplikasi PeduliLindungi.

"Kasus Corona terus melonjak, tapi tidak ada yang meninggal dunia, plikasi PeduliLindungi mal dan hotel diaktifkan."

Kasus Covid-19 kembali melonjak dengan 27 pasien menjalani isolasi. "Saya mengimbau pengelola mal, hotel, dan tempat-tempat keramaian lainnya agar mengingatkan petugas atau satgas yang ditunjuk dalam menjalankan kewajiban menjaga ruang publik agar aman dari penyebaran Covid-19," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Zarman Candra pada media, Senin (13/8).

Salah satunya dengan memastikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di setiap pintu masuk pusat perbelanjaan dan hotel harus dipasang. Masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. "Hal ini sebagai upaya menurunkan angka konfirmasi Covid-19," kata Zaman

Aplikasi PeduliLindungi harus difungsikan kembali di setiap pintu masuk. Agar, orang yang terpapar Covid-19 tidak dapat berkeliaran di mal atau pusat perbelanjaan.

"Pemeriksa suhu badan dan pastikan pengunjung memakai masker. Hal yang sama juga harus dilakukan di pasar dan perkantoran," tegas Zarman lagi.

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru pada 14 Agustus, pasien Covid-19 ada 27 orang. Sebanyak 24 orang menjalani isolasi mandiri. Sedangkan 3 pasien diisolasi di rumah. Sebaliknya, 18 pasien Covid-19 sudah sembuh saat menjalani isolasi mandiri. Satu orang sembuh dari rumah sakit. 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin melalui keterangan tertulisnya menginformasikan terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 14 orang di Provinsi Riau per hari ini, Senin 15 Agustus 2022.

"Rincian penambahan pasien terkonfirmasi yang berjumlah 1 orang merupakan warga Kota Dumai, 2 orang warga Kabupaten Kampar, 8 orang warga Kota Pekanbaru dan 3 orang merupakan warga asal Sumatera Utara," kata dia.

Zainal menyatakan, tidak terdapat penambahan pasien yang dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19.

"Kabar baik yang kita syukuri adalah 34 penambahan pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, yaitu warga Kabupaten Kampar 1 orang, warga Kabupaten Indragiri Hilir 1 orang, warga Kabupaten Bengkalis 7 orang dan pasien sembuh warga Kota Pekanbaru berjumlah 25 orang," jelasnya.

Dengan begitu, Zainal menambahkan, maka total kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga saat ini adalah 151.388 orang. Rinciannya, 256 orang sedang isolasi mandiri, 30 orang isolasi di rumah sakit, 146.659 orang sembuh dan 4.443 orang meninggal dunia. (*)

Tags : Kasus Covid-19, Kasus Corona Terus Melonjak, Aplikasi PeduliLindungi Dialtifkan, Mal dan Hotel,