Headline Kesehatan   2022/07/19 8:30 WIB

Kasus Covid-19 Tinggi Lagi, Kadiskes: Mayoritas Pasien Belum Vaksin Booster

Kasus Covid-19 Tinggi Lagi, Kadiskes: Mayoritas Pasien Belum Vaksin Booster
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal

PEKANBARU - Kasus penambahan kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 di Riau, dalam tiga minggu ini mengalami peningkatan, bahkan pasa hari, Senin 18 Juli 2022  terdapat 10 penambahan kasus konfirmasi.

"Kasus Covid-19 tinggi karena mayoritas pasien belum Vaksin Booster."

“Hari ini ada penambahan 10 kasus positif, dan tiga minggu ini kasus memang naik. Tertinggi sempat 19 kasus dalam satu hari. Umumnya yang bepergian keluar daerah, seperti kasus hari ini 7 dari Pekanbaru dan 3 dari luar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal.

Lalu, 6 orang pasien yang dinyatakan sembuh dan tidak ada yang meninggal dunia. Sehingga total kumulatif kasus konfirmasi hingga saat ini 150.592 orang.

Dia mengatakan, terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di Provinsi Riau, berasal dari orang yang melakukan perjalanan dari luar daerah dan saat kembali tarkonfirmasi positif. “Namun demikian, walaupun tiga minggu kasus tinggi, tidak ada kasus kematian atau nihil,” tambahnya, seperti dilansir mcr, Senin (18/7).

Rata-rata pasien yang terkonfirmasi positif belum divaksin lengkap, baik vakisn 1, vakisn 2, dan booster. Untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat untuk vaksin lengkap, maksimal sampai booster. Tetapi kebanyakan pasien bergejala ringan, dan umumnya pasien komorbid yang dirawat di rumah.

“Umumnya yang terkena kasus Covid-19 mereka belum booster, kita lihat sekarang sudah menurun lagi masyarakat untuk divaksin. Masyarakat silahkan vaksin, di RS arifin Achmad ada buka itu setiap hari di gedung lantai, bisa juga vaksin booster, selain itu di Puskesmas juga sudah diminta melayani masyarakat untuk vaksin,” ungkap Zainal. *

Sebelumnya pihak Diskes Riau menginformasikan terdapat penambahan 10 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Riau per Senin 18 Juli 2022.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan kemarin, Minggu 17 Juli 2022 yang nihil penambahan kasus, Sabtu 16 Juli 2022 5 kasus dan Jumat 15 Juli 2022 hanya bertambah 4 kasus positif Covid-19 baru.

Diketahui penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini berasal dari Kota Pekanbaru sebanyak 7 orang dan warga dari provinsi lain 3 orang.

"Kabar baik yang kita syukuri terdapat penambahan 6 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh yaitu warga Kota Dumai 1 orang, warga Kota Pekanbaru 2 orang dan warga provinsi lain 3 orang," kata Zainal

Zainal juga mengatakan, tidak ada penambahan pasien yang dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19.

"Maka total terkonfirmasi covid-19 di Riau 150.592 kasus dengan rincian isolasi mandiri 42 orang, dirawat di rumah sakit 6 orang, sembuh 146.106 orang dan meninggal dunia 4.438 orang," tutupnya. (*)

Tags : Kasus Covid-19 Tinggi, Kadiskes Riau, Mayoritas Pasien Belum Vaksin Booster, Kesehatan,