Dumai   2020/08/31 09:05:00 AM WIB

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Dumai Terus Meningkat

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Dumai Terus Meningkat
Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai, dr. Syaipul memberikan keterangan Pers terkait perkembangan virus Corona di Dumai.

DUMAI - Terdapat penambahan 3 kasus terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Dumai,  sehingga total kasus terkonfirmasi positif di kota ini menjadi 77 kasus.

"Kasus terkonfirmasi Positif Virus Corona (Covid-19) terus meningkat di Dumai, kemarin Kamis total kasus terkonfirmasi positif di kota Dumai menjadi 77 kasus," kata juru bicara gugus tugas Covid-19 Kota Dumai, dr. Syaipul.

Dijelaskannya, adapun penambahan kasus tersebut yaitu, pasien ke 75, atas nama Tn. PK, usia 31 tahun, warga Kelurahan Bagan Besar. "Saat ini Tim dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan masih melakukan tracing kontak erat dan tracking kasus ini," terang Syaipul. Pasien ke 76, atas nama An. MDA usia 13 tahun, warga Kelurahan Bukit Datuk, yang merupakan kontak erat dari Tn. P yang merupakan pasien terkonfirmasi positif ke 74. Selanjutnya, pasien ke 77, atas nama An. A usia 5 tahun, juga warga Kelurahan Bukit Datuk, yang merupakan kontak erat dari Tn. P yang merupakan pasien terkonfirmasi positif ke 74. 

"Pada hari ini belum ada pasien positif virus Corona dinyatakan sembuh, sehingga data akhir penyakit COVID-19 di Kota Dumai sebagai berikut, pasien terkonfirmasi positif virus Corona sebanyak 77 kasus dengan rincian dirawat di Rumah Sakit 23 orang, isolasi mandiri 15 orang dan pasien sembuh 39 orang," ungkap Syaipul.

Kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk konsisten, dimana saja, termasuk di area perkantoran dan area ruang publik tertutup, termasuk di rumah ibadah, pasar dan area publik manpapun untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan. Gunakan masker, bila menggunakan face-shield, tetap harus memakai masker, disiplin menjaga jarak, dan disiplin mencuci tangan. Khusus ruangan tertutup yang menggunakan AC, maka disarankan membuka pintu atau jendela agar terjadi sirkulasi udara, serta upayakan sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Jika seluruh masyarakat Kota Dumai patuh menjalankan 3 kunci disiplin tersebut, kami yakini bahwa pandemi virus ini akan segera berakhir. Tanpa partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, maka pencegahan dan pengendalian COVID-19 akan sia-sia. Syaipul juga mengatakan, Pemerintah Kota Dumai saat ini sedang mempersiapkan Payung Hukum berupa Peraturan Walikota mengenai Penerapan Protokol Kesehatan yang di dalamnya memuat sanksi bagi para pelanggarnya. "Hal ini adalah amanat dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020," ujarnya. 

Pasien positif covid-19 meninggal dunia 

dr. Syaipul juga mengaku ada seorang pasien positif Virus Corona atau Covid-19 di Dumai inisial J (70) warga Kelurahan Simpang Tetap Dahrul Ihsan (STDI) Kecamatan Dumai Barat meninggal dunia. "Benar, satu pasien positif Covid-19 berinisial J (70) warga Kelurahan Simpang Tetap Dahrul Ihsan (STDI) Kecamatan Dumai Barat meninggal dunia pada Jumat (28/8/2020) lalu, pada saat itu pasien masih berstatus suspect dan pada hari ini baru keluar hasil swab nya positif Covid-19," kata dia.

Pasien itu selain terjangkit Corona juga memiliki penyakit lain, paru-paru dan TBC, ini yang juga membuat virus semakin berbahaya. "Kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk konsisten, dimana saja, termasuk di area perkantoran dan area ruang publik tertutup, termasuk di rumah ibadah, pasar dan area publik manapun untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan," sebutnya.

Untuk jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Dumai, kata Syaipul, jumlahnya terus meningkat. "Update perkembangan virus Corona di Dumai sampai Minggu (30/8/2020) jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 124 kasus, dengan rincian, 47 kasus sudah dinyatakan sembuh, 2 kasus meninggal dunia dan 75 kasus dalam perawatan atau isolasi," pungkasnya. 

Pasien positif corona meningkat tajam 

Data dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai, jumlah pasien positif virus corona di Dumai terus meningkat tajam. Dalam dua hari terjadi penambahan 41 kasus positif virus Corona. Update perkembangan virus Corona di Dumai Minggu (30/8/2020) menyentuh angka 124 kasus, dengan rincian, 47 kasus sudah dinyatakan sembuh, 2 kasus meninggal dunia dan 75 kasus dalam perawatan atau isolasi.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai dr. Syaipul membenarkan terjadi penambahan kasus positif Covid-19 di Dumai. "Benar, terjadi penambahan kasus positif Corona di Dumai. Angkanya cukup tinggi, Sabtu (29/8/2020) pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Dumai bertambah 26 kasus dan pada Minggu (30/8/2020) terjadi lagi penambahan 15 kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19," Kata Syaipul.

Dari 41 kasus tersebut sebagian besar adalah hasil tracing kontak erat pasien terkonfirmasi positif sebelumnya. "Pada hari ini belum ada tambahan pasien dinyatakan sembuh, sehingga data akhir penyakit Covid-19 di Kota Dumai sebanyak 124 kasus, dengan rincian, 47 kasus sudah dinyatakan sembuh, 2 kasus meninggal dunia dan 75 kasus dalam perawatan atau isolasi," terangnya.

Dengan adanya rekor terbanyak penambahan kasus positif di Kota Dumai, kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk konsisten, dimana saja, termasuk di area perkantoran dan area ruang publik tertutup, termasuk di rumah ibadah, pasar dan area publik manpapun untuk selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19, menggunakan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. "Jika seluruh masyarakat Kota Dumai patuh menjalankan 3 kunci disiplin tersebut, kita yakini bahwa pandemi virus ini akan segera berakhir. Tanpa partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, maka pencegahan dan pengendalian COVID-19 akan sia-sia," pesannya.

Syaipul juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Dumai saat ini sedang mempersiapkan Payung Hukum berupa Peraturan Walikota mengenai Penerapan Protokol Kesehatan yang di dalamnya memuat sanksi bagi para pelanggarnya. Hal ini adalah amanat dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020. (rp.elf/*)

Tags : Covid-19, Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19, Dumai, Covid-19 Terus Meningkat,