Linkungan   2023/05/25 22:42 WIB

Kawasan Wisata Yogyakarta Bebas dari 'Polusi', Aktivis: 'juga Seru dan Murah'

Kawasan Wisata Yogyakarta Bebas dari 'Polusi', Aktivis: 'juga Seru dan Murah'
Ir. Ganda Mora, M.Si, Ketua Yayasan Salamba.

PERJALANAN aktivis Yayasan Sahabat Alam Rimba (Salamba) ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terlihat wisata nya bebas dari polusi juga seru dan murah.

"Seperti Malioboro dan Tugu Yogyakarta sebagai kawasan kawasan wisata perlahan bebas dari kabel-kabel utilitas dan polusi udara yang mengganggu pemandangan maupun kesehatan." 

"Kabel yang biasa menggantung kebanyakan merupakan jaringan listrik PLN dan sebagian kabel fiber untuk jaringan layanan komunikasi maupun polusi udara juga tak terlihat di kawasan wisata di daerah itu," kata Ir. Ganda Mora, M.Si, Pendiri Yayasan Salamba ini.

"Tiang-tiang penyangga (kabel) sudah dirobohkan dan dipindah. Kabel-kabel ditanam di bawah tanah, begitu juga soal polusi udara dari kenderaan bermotor tak tampak," katanya melaporkan kondisi terakhir di DIY, Kamis (25/5/2023) tadi melalau Whats App (WA) nya.

Menurut dia, Pemkot Yogyakarta terus melakukan proses penataan di kawasan Jalan Sudirman. Jalur ini menjadi salah satu akses ke Tugu Yogyakarta.

Tugu Yogyakarta

Secara garis besar, penataan kawasan Jalan Sudirman akan mennyerupai kawasan Tugu Yogyakarta. Selain menata kabel-kebal, juga membuat jalanan layak dijadikan pedestrian.

"Tapi dengan proses. Sebab yang di seputaran Gramedia sebagian juga sudah turun," ujar dia.

Penataan juga akan dilakukan untuk sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Sudirman sisi timur atau di area Rumah Sakit Bethesda. 

Ganda menambahkan proses yang masih berlangsung yakni revitalisasi kawasan cagar budaya di Kotabaru.

Sedangkan salah satu titik yang sudah diselesaikan yakni penanda arah jalan sebagai penunjuk dan informasi mengenai kawasan Kotabaru.

Jadi ini merupakan upaya revitalisasi Kotabaru, sebagai kawasan cagar budaya dengan karakter indies yang akan terus di kembangkan.

Nantinya bisa menjadi sarana edukasi dan tempat untuk bersantai warga dan wisatawan.

Selain itu Ganda menyebut, DI Yogya terus mengembangkan tempat-tempat wisata dekat Malioboro.

Malioboro telah menjadi salah satu ikon utama pariwisata Yogyakarta. Tetapi, ternyata ada berbagai tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang tak kalah seru dan wajib kunjungi.

Menurutnya, Yogyakarta bukan hanya memiliki Malioboro saja sebagai ikon pariwisata. Ada juga lokasi wisata; Titik Nol, Keraton Yogyakarta, Alun-Alun Kidul, Slasar Malioboro, Taman Sari, Museum Sonobudoyo, Tugu Pal Putih/Monumen Tugu Jogja, Masjid Gedhe Kauman, Pasar Beringharjo.

"Tempat wisata dekat Malioboro bisa ditempuh dengan jalan kaki, salah satunya adalah titik nol kota Yogyakarta yang lokasinya berada di persimpangan Kantor Pos Besar, yang merupakan lokasi sangat strategis," sebutnya.

Jadi sebelum tiba di Yogja, kata Ganda akan lebih baik sudah memesan hotel dekat Malioboro terlebih dahulu, sehingga tidak perlu bingung lagi ketika menginjakkan kaki disini. (*)

Tags : wisata, kawasan wisata yogyakarta, kawasan wisata bebas dari polusi, wisata Yogya seru dan murah, lingkungan,