Sejarah   2024/08/15 18:58 WIB

Kehidupan di Bumi Diprediksi Jauh Lebih Tua dari Perkiraan Sebelumnya, kata Ilmuwan

Kehidupan di Bumi Diprediksi Jauh Lebih Tua dari Perkiraan Sebelumnya, kata Ilmuwan
Sebuah tim ilmuwan mengatakan mereka menemukan bukti nutrisi yang mereka yakini menciptakan formasi ini di Gabon.

SEJARAH - Sebuah tim ilmuwan mengatakan mereka menemukan bukti baru yang mendukung teori mereka bahwa kehidupan kompleks di Bumi mungkin telah dimulai 1,5 miliar tahun lebih awal dari perkiraan.

Tim yang bekerja di Gabon mengatakan mereka menemukan bukti yang berada jauh di dalam bebatuan, yang menunjukkan kondisi lingkungan bagi kehidupan hewan 2,1 miliar tahun lalu.

Akan tetapi mereka menyebut organisme tersebut hanya ditemukan di laut pedalaman, tidak menyebar secara global dan akhirnya punah.

Gagasan ini sangat berbeda dengan pemikiran konvensional dan tidak semua ilmuwan sepakat dengan teori baru ini.

Kebanyakan ahli meyakini kehidupan hewan dimulai sekitar 635 juta tahun yang lalu.

Penelitian ini menambah perdebatan mengenai apakah formasi yang ditemukan di Franceville, Gabon, yang sejauh ini masih misteri, benar-benar fosil atau bukan.

Para ilmuwan mengamati batuan di sekitar formasi untuk melihat apakah batuan tersebut menunjukkan bukti mengandung nutrisi seperti oksigen dan fosfor yang dapat mendukung kehidupan.

Profesor Ernest Chi Fru dari Universitas Cardiff bekerja dengan tim ilmuwan internasional tersebut.

Dia bilang kepada BBC News bahwa jika teorinya benar, bentuk kehidupan ini mirip dengan jamur lender – organisme bersel tunggal tanpa otak yang berkembang biak dengan spora.

Namun Profesor Graham Shields dari University College London, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan ia memiliki beberapa keraguan.

“Saya tidak menentang gagasan bahwa terdapat nutrisi yang lebih tinggi pada 2,1 miliar tahun yang lalu, namun saya tidak yakin bahwa hal ini dapat menyebabkan diversifikasi untuk membentuk kehidupan yang kompleks,” katanya, seraya menambahkan bahwa lebih banyak bukti diperlukan untuk mendukung teori baru ini.

Prof Chi Fru mengatakan karyanya membantu membuktikan gagasan tentang proses yang menciptakan kehidupan di Bumi.

“Kami katakan, lihat, ada fosil di sini, ada oksigen, hal ini menstimulasi munculnya organisme hidup kompleks pertama,” katanya.

“Kami melihat proses yang sama seperti pada periode Kambrium, 635 juta tahun yang lalu – hal ini membantu mendukung hal tersebut. Hal ini membantu kami memahami dari mana kita semua berasal,” tambahnya.

Petunjuk pertama bahwa kehidupan kompleks mungkin telah dimulai lebih awal dari perkiraan sebelumnya muncul sekitar 10 tahun yang lalu dengan ditemukannya sesuatu yang disebut formasi Francevillian.

Prof Chi Fru dan rekan-rekannya mengatakan formasi tersebut terdiri dari fosil-fosil yang menunjukkan bukti adanya kehidupan yang bisa "bergoyang-goyang" dan bergerak dengan sendirinya.

Temuan ini tidak diterima oleh semua ilmuwan.

Untuk menemukan lebih banyak bukti atas teori mereka, Prof Chi Fru dan timnya kini telah menganalisis inti sedimen yang dibor dari batuan di Gabon.

Sifat kimiawi batuan tersebut menunjukkan bukti bahwa "laboratorium" kehidupan telah tercipta tepat sebelum pembentukannya muncul.

Mereka meyakini bahwa tingginya kadar oksigen dan fosfor disebabkan oleh dua lempeng benua yang bertabrakan di bawah air, sehingga menciptakan aktivitas gunung berapi.

Tabrakan tersebut memutus sebagian air dari lautan, menciptakan “laut pedalaman dangkal yang kaya nutrisi.”

Prof Chi Fru mengatakan lingkungan yang dilindungi ini memiliki kondisi yang memungkinkan fotosintesis, sehingga menghasilkan sejumlah besar oksigen di dalam air.

“Ini akan memberikan energi yang cukup untuk mendorong peningkatan ukuran tubuh dan perilaku kompleks yang lebih besar yang diamati pada bentuk kehidupan primitif dan sederhana seperti hewan seperti yang ditemukan pada fosil dari periode ini,” katanya.

Namun dia mengatakan bahwa lingkungan yang terisolasi juga menyebabkan punahnya makhluk hidup karena tidak tersedia cukup nutrisi baru untuk menopang pasokan makanan.

Mahasiswa PhD di Museum Sejarah Alam, Elias Rugen – yang tidak terlibat dalam penelitian ini – setuju dengan beberapa temuan tersebut, dengan mengatakan bahwa jelas bahwa "siklus karbon, nitrogen, besi, dan fosfor di lautan semuanya menghasilkan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya pada saat ini dalam sejarah Bumi."

“Tidak ada yang mengatakan bahwa kehidupan biologis yang kompleks tidak mungkin muncul dan berkembang sejak dua miliar tahun yang lalu,” katanya, namun menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak bukti untuk mendukung teori tersebut.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Precambrian Research.

Tags : Genetik, Arkeologi, Biologi, Sejarah, Evolusi, Hewan-hewan, Alam, Sains,