Agama   2024/09/05 12:11 WIB

Kemenag Hadirkan Inovasi Baru dalam Seni Kaligrafi Digital yang Diperlombakan di MTQ Nasional

Kemenag Hadirkan Inovasi Baru dalam Seni Kaligrafi Digital yang Diperlombakan di MTQ Nasional

Lomba seni kaligrafi digital digelar untuk memberi dampak positif.

SAMARINDA -- Kementerian Agama (Kemenag) RI menghadirkan inovasi baru dengan memperlombakan seni kaligrafi digital, yang merupakan golongan dari cabang kaligrafi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2024 di Kalimantan Timur.

“Seni kaligrafi digital menjadi salah satu golongan baru yang untuk pertama kalinya diperlombakan pada MTQ Nasional 2024,” kata Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi dalam keterangannya di Samarinda, Rabu.

Ia menjelaskan, lomba seni kaligrafi digital digelar untuk memberi dampak positif bagi generasi muda, yang diharapkan dapat menggaet dan termotivasi untuk mencintai Alquran dengan cara yang kreatif berbasis digital.

“Dengan adanya lomba ini, diharapkan generasi muda dapat lebih tertarik untuk terlibat dalam kegiatan yang digelar oleh Kemenag,” katanya.

Dalam cabang kaligrafi, kata Zayadi, terdapat empat golongan yang diperlombakan, yaitu naskah Alquran, mushaf Al Quran, dekorasi Alquran, dan kontemporer Alquran.

Dikatakannya, semua golongan tersebut masih menggunakan metode manual, dengan media seperti kanvas, cat warna, kertas, atau karton.

“Khusus untuk Seni Kaligrafi Digital, seluruh prosesnya dilakukan menggunakan perangkat komputer dan perangkat digital lainnya, seperti iPad. Dengan demikian, kreasi dan inovasi dalam lomba ini sepenuhnya berbasis teknologi,” katanya.

Kemudian untuk menilai seni kaligrafi digital, lanjutnya, dewan hakim yang direkrut mesti memenuhi tiga standar kriteria, yaitu: pengetahuan tentang kaligrafi, termasuk khath Naskh dan kaidah-kaidahnya; keahlian dalam seni rupa, termasuk komposisi warna; serta keahlian di bidang teknologi informasi (IT).

Seperti halnya cabang lain seperti tahfidz dan tilawah, Zayadi menyebut, seni kaligrafi digital juga melalui proses seleksi mulai dari tingkat desa, kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional.

“Peserta yang mengikuti lomba Seni Kaligrafi Digital harus melalui serangkaian proses di tingkat bawah dan melampirkan sertifikat sebagai pemenang di tingkat provinsi untuk dapat maju ke tingkat nasional. Namun, pengiriman peserta seni kaligrafi digital tentunya tergantung pada daerah masing-masing,” katanya.

Secara terpisah, Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al Quran dan Alhadist, Rijal Ahmad Rangkuty menjelaskan, lomba Seni Kaligrafi Digital telah diumumkan dan diatur dalam petunjuk teknis (Juknis) yang dipublikasikan pada November 2023 lalu.

Rijal mengatakan, kendati merupakan cabang baru, lomba tersebut tetap mengikuti regulasi yang telah ada, seperti integrasi data peserta dengan sistem kependudukan di Ditjen Dukcapil untuk memastikan informasi peserta valid dan sah, serta mencegah pelanggaran terkait persyaratan usia.

“Namun, poin dari lomba seni kaligrafi digital ini tidak akan memengaruhi penentuan juara umum, karena masih ekshibisi,” kata Rijal. (*)

Tags : MTQ, alquran, literasi alquran, lomba seni kaligrafi, digital,