Riau   2023/06/15 22:10 WIB

Kemenag Pantau Awal Hilal Idul Adha di Zulhijah 1444 Hijriyah yang Masih Berada di Pantai Selat Baru Bengkalis

Kemenag Pantau Awal Hilal Idul Adha di Zulhijah 1444 Hijriyah yang Masih Berada di Pantai Selat Baru Bengkalis

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan segera menggelar sidang isbat Iduladha 1444 H/2023 M.

"Awal Zulhijah 1444 Hijriyah untuk penetapan Hilal masih berada di Pantai Selat Baru Bengkalis."

“Kita akan menggelar rukyatulhilal awal Zulhijah 1444 Hijriyah pada hari Ahad, tanggal 18 Juni 2023 Masehi bertepatan dengan tanggal 29 Zulkaidah 1444 Hijriyah," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib.

"Kita memutuskan akan menggelar rukyatulhilal di 99 lokasi seluruh wilayah Indonesia,” sambungnya.

Untuk pemantauan hilal (rukyatulhilal) awal Zulhijah 1444 H pada Minggu (18/6/2023), berada di 99 titik di seluruh Indonesia.

Pantauan hilal ini merupakan salah satu rujukan dalam penetapan waktu Iduladha 1444 H. Untuk wilayah Provinsi Riau dipusatkan satu titik tepatnya di Pantai Selat Baru, Kabupaten Bengkalis.

“Pada hari rukyat, 29 Zulkaidah 1444 H, bertepatan hari Ahad pada 18 Juni 2023 M ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk berkisar antara nol derajat sebelas koma tujuh puluh delapan menit,” jelasnya.

"Sampai dua derajat dua puluh satu koma lima puluh tujuh derajat menit. Dengan sudut elongasi antara empat koma tiga puluh sembilan derajat, sampai empat koma sembilan puluh tiga derajat," sebutnya.

Ditegaskan Adib, Isbat penentuan awal Zulhijah 1444 H menunggu hasil rukyatulhilal di seluruh Indonesia, yang akan digelar oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota. Bekerja sama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain setempat.

Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah, Ismail Fahmi menambahkan, Sidang Isbat Awal Zulhijah 1444 H yang digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag, Jakarta, akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). (*)

Tags : penetapan hilal, kemenag pantau hilal, awal zulhijah 1444 hijriyah, hilal masih berada di pantai selat baru bengkalis,