News   2024/10/09 11:2 WIB

Kemendagri Telah Lakukan Evaluasi APBD-P 2024 dari Pemprov Riau

Kemendagri Telah Lakukan Evaluasi APBD-P 2024 dari Pemprov Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Riau tahun 2024 telah selesai dilakukan Kementerian dalam negeri (Kemendagri).

Draft APBD-P Riau tahun 2024 tersebut kemudian diserahkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk dilakukan penyesuaian.

"APBD-P tahun 2024 Pemprov Riau sudah selesai dievaluasi oleh Kemendagri. Selanjutnya kami lakukan pembahasan internal terlebih dahulu menindaklanjuti hasil evaluasi tersebut," kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris derah provinsi (Sekdaprov) Riau, M Taufiq Oesman Hamid, Selasa (8/10/2024).

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Deerah (BPKAD) Riau, Indra mengatakan, hingga saat ini ada sembilan draf APBD-P kabupaten kota yang masuk, dan lima diantaranya sudah selesai dievaluasi.

"APBD-P kabupaten kota yang sudah selesai evaluasi itu ada Kabupaten Bengkalis, Kampar, Indragiri Hulu (Inhu), Kota Dumai dan Pekanbaru," kata Indra.

Kemudian, kata Indra, APBD-P yang masih proses evaluasi ada empat daerah, yakni Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Pelalawan, Siak dan Rokan Hulu (Rohul).

"Ini karena empat daerah tersebut draf anggaran perubahannya baru masih di akhir-akhir batas pengesahan APBD-P. Untuk proses evaluasi maksimal 15 hari terhitung berkas masuk, namun dengan catatan berkas lengkap," ujarnya.

Sedangkan tiga daerah yang tidak mengusulkan APBD-P adalah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kepulauan Meranti, dan Kuantan Singingi (Kuansing). Karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tidak melakukan pembahasan APBD dengan DPRD setempat. (*)

Tags : kementerian dalam negeri, kemendagri, evaluasi apbd perubahan, apbd perubahan 2024 riau, News,