News Kota   2023/04/18 14:46 WIB

Kemendikbudristek Sediakan 600 Ribu Lebih Kuota untuk PPPK Guru 2023 Baik untuk Tingkat SD Hingga SMP

Kemendikbudristek Sediakan 600 Ribu Lebih Kuota untuk PPPK Guru 2023 Baik untuk Tingkat SD Hingga SMP

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah pusat telah beri sinyal akan buka kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) besar-besaran.

"600 ribu lebih kuota untuk PPPK guru 2023 baik untuk tingkat SD hingga SMP."

"Ini bagi guru mengajar agama islam dan non muslim di tingkat Dikdas SDN dan SMPN Pekanbaru. Contoh di tingkat DIKMEN (SMA/SMK) agama non muslim diusulkan PPPK 2022, mereka lulus menjadi ASN di sekolah induk ditempatkan," kata Eko Wibowo, Wakil Ketua PGRI Riau.

Bahkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebut tersedia 600 ribu lebih kuota untuk PPPK guru 2023.

Tetapi Eko Wibowo berharap Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera mengusulkan formasi kuota ASN PPPK 2023 ini.

"Kami punya harapan besar Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru untuk memperjuangkan nasib guru nonmuslim pada PPPK tahun 2023. Karena tidak begitu banyak guru agama non muslim di tingkat SD dan SMP," kata Ketua ASN PPPK 2022 Provinsi Riau ini.

"Pemko Pekanbaru harus komitmen, peduli kesejahteraan guru honor untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Sama seperti guru PNS," harapnya.

Sebelumnya Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani menyebut seleksi PPPK guru tahun 2023 ada kuota 600 ribu lebih. Ia menyebut keberhasilan tercapainya kuota tersebut tetap bergantung pada kebijakan yang pemerintah daerah sebagai pengusul formasi bagi ASN PPPK guru. (*)

Tags : pegawai pemerintah perjanjian kerja, 600 ribu lebih kuota pppk guru 2023, pemerintah sediakan kuota pppk sd dan smp, news kota ,