Kesehatan   2024/10/14 20:13 WIB

Kemenkes RI Kirimkan Bantuan Obat Pencegahan dan Pengendalian Malaria untuk Distribusikan ke Inhil

Kemenkes RI Kirimkan Bantuan Obat Pencegahan dan Pengendalian Malaria untuk Distribusikan ke Inhil

PEKANBARU - Bantuan obat-obatan guna pencegahan dan pengendalian malaria di Riau, dari pihak Kementerian kesehatan (Kemenkes) sudah tiba di Riau, Senin (14/10/2024).

"Obat pencegahan dan pengendalian malaria."

"Begitu sampai di Pekanbaru, obat-obatan dan kelambu langsung didistribusikan ke daerah yang saat ini sedang terjadi kasus malaria cukup tinggi yakni Kabupaten Indragiri Hilir," kata Penanggungjawab malaria fungsional epidemiologi madya Dinas Kesehatan Provinsi Riau Musfardi Rustam.

Ia menyebutkan selain obat-obatan, Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau juga mendapat bantuan berupa insektisida dan juga kelambu.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan kabupaten telah memperkuat kesiagaan dalam menangani potensi lonjakan kasus malaria.

Tim medis lokal telah disiapkan untuk memberikan pengobatan dan mencegah penularan lebih lanjut.

"Dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat, diharapkan penularan malaria di Riau dapat ditekan, dan masyarakat dapat kembali hidup sehat serta terhindar dari bahaya penyakit tersebut," harap  Musfardi Rustam.

Saat ini, dikatakan Musfardi, total kasus malaria yang ditemukan di Inhil berjumlah 128 kasus. Kasus tersebut didapatkan dari hasil pemeriksaan di tiga desa sekitar, yakni Desa Kuala Selat, Simbar dan Pejuru.

"Untuk temuan kasus malaria di Inhil tepatnya di tiga desa yakni Kuala Selat, Simbar dan Pejuru sudah 128 kasus," ungkapnya. (*)

Tags : kementerian kesehatan, kemenkes kirim bantuan obat pencegahan dan pengendalian malaria, obat malaria di distribusikan ke inhil,