Dumai   2022/04/07 12:11 WIB

Kemenpan-RB Beri Penghargaan, Sekda Dumai: Kita Peroleh SAKIP Predikat B

Kemenpan-RB Beri Penghargaan, Sekda Dumai: Kita Peroleh SAKIP Predikat B
Sekretaris Daerah (Sekda) Dumai H Indra Gunawan

DUMAI - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) beri Pemerintah Kota (Pemko) Dumai penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) predikat B, dan mendapat nilai CC pada Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2021.

Pemberian penghargaan SAKIP dan RB Award 2021 dilaksanakan Selasa 5 April 2022.

SAKIP dan RB Award 2021 digelar secara daring dan luring. Diikuti perwakilan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Dumai H Indra Gunawan mengikuti acara tersebut melalui daring di Command Center, Jalan HR Subrantas Dumai.

"Alhamdulillah hasil yang kita dapat tahun ini cukup baik, namun jangan lekas berpuas diri," kata Sekda Dumai H Indra Gunawan.

Pemko Dumai berhasil meraih penghargaan SAKIP predikat B dan Penghargaan Reformasi Birokrasi (RB) predikat CC pada ajang SAKIP dan RB Award 2021. "Kita semua berharap semoga tahun depan kinerja aparatur pemerintah kita bisa semakin baik, semakin akuntabel sehingga capaian-capaian baik yang sudah kita raih bisa terus kita tingkatkan lagi," kata Sekda.

"Semoga dengan penghargaan ini, bisa terus melecut semangat seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Dumai, agar mampu berbuat lebih baik lagi sehingga tahun depan Pemko Dumai meraih penghargaan yang lebih baik lagi," sambungnya.

Sebelumnya, pada acara SAKIP dan RB Award 2021, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, didampingi Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Erwan Agus Purwanto, mengatakan penyerahan hasil evaluasi ini merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah.

Salah satu tujuan penyelenggaraan SAKIP dan RB Award adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa, reformasi birokrasi telah memiliki hasil yang nyata, birokrasi terus berbenah menuju terciptanya good governance.

Penyerahan hasil evaluasi yang bernama SAKIP & RB AWARD 2021 dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya.

Evaluasi Reformasi Birokrasi (RB), diselenggarakan untuk mengetahui perbaikan-perbaikan di seluruh aspek birokrasi sehingga tujuan dari reformasi birokrasi, yaitu birokrasi yang ideal, bebas dari KKN, kapabel, dan mampu memberikan layanan prima pada masyarakat, bisa diwujudkan.

Sementara evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) digunakan untuk mengetahui apakah kementerian/lembaga/pemerintah daerah mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran. (rp.ind/*)

Tags : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kemenpan-RB Beri Pemko Dumai, Penghargaan SAKIP Predikat B,