Traveling   2023/02/06 20:34 WIB

Kendaraan Bermotor Dilarang di Pulau Hydra, 'Demi atas Rasa Tenang dan Damai'

Kendaraan Bermotor Dilarang di Pulau Hydra, 'Demi atas Rasa Tenang dan Damai'
Larangan mobil Hydra berasal dari keputusan presiden tahun 1950-an untuk melestarikan arsitektur dan karakter pulau itu.

SEMAKIN banyak tempat di dunia yang ingin mengurangi ketergantungan pada mobil. Pelajaran apa yang bisa dipetik dari pulau yang sejak awal tidak pernah mengizinkan kendaraan bermotor?

Di Pulau Hydra, Yunani, jika kita berjalan ke tepi air untuk melihat aktivitas bongkar muat kebutuhan sehari-hari yang dikirim tiap minggu, akan terlihat pelabuhan yang berbatu, sebuah kapal membawa pesanan para penduduk pulau setempat dari daratan Yunani.

Terlihat sekumpulan ekor keledai mengantri di dekat kapal itu.

Sekelompok keledai yang terdiri dari tiga atau empat ekor akan naik ke kapal kemudian kembali beberapa menit kemudian membawa barang-barang rumah tangga, berbagai paket, dan bahkan kantong semen dalam keranjang anyaman yang diikatkan ke punggung mereka.

Para pengemudi keledai – semuanya pria berkumis – dengan cepat memimpin pasukan mereka pergi ke gang-gang di pulau dan menghilang dari pandangan.

Demi melestarikan arsitektur, karakter pulau

Ketergantungan Hydra pada keledai sebagai moda transportasi utama berasal dari keputusan presiden tahun 1950-an yang dimaksudkan untuk melestarikan arsitektur dan karakter pulau Yunani tersebut.

Termasuk aturan bahwa kendaraan roda – mobil, sepeda motor bahkan sepeda – tidak boleh digunakan di sana.

Karena kota ini dibangun di atas bukit curam, keledai adalah satu-satunya moda transportasi yang dapat menaiki tangga curam dan melewati gang sempit menuju banyak rumah penduduk.

Saat ini, kota-kota di seluruh dunia sedang mencari cara untuk mengurangi ketergantungan pada mobil pribadi, atau bahkan melarangnya sama sekali dari bagian-bagian tertentu.

Begitupun di Kota INggris, baru-baru ini, ibu kota itu memperkenalkan "lingkungan dengan lalu lintas rendah", sebuah skema yang menggunakan kamera pengenal pelat nomor untuk membatasi lalu lintas sehingga hanya penduduk yang dapat mengemudi di sana.

Jadi, menjelang akhir liburan mengunjungi berbagai pulau Yunani, saya tertarik untuk melihat seperti apa tempat yang tidak pernah mengizinkan mobil itu.

Pada kesan pertama, kehidupan pulau yang bebas kendaraan terasa indah.

Di banyak kota di pulau-pulau Yunani lainnya, saya seringkali harus menempel ke dinding di jalanan tanpa trotoar untuk membiarkan motor-motor lewat.

Di Hydra, sebaliknya, saya bisa bebas berjalan dengan kecepatan saya sendiri, melihat bugenvil merah muda yang bersandar di dinding bercat putih, pohon jeruk dan delima di taman dan alun-alun cantik yang dibingkai oleh bangunan beratap genteng merah.

Suasana juga sangat sepi; tidak ada suara rem atau mesin menderu yang menjadi ciri khas dari kota-kota di tempat lain.

Kadang-kadang saya mendengar keledai atau lonceng gereja berdentang, tetapi sebaliknya keheningan menguasai wilayah ini.

Kota ini juga terasa sangat nyaman bagi penduduk.

Saat menapaki labirin jalan dan gang sempit untuk melihat pemandangan pelabuhan, saya sering melihat sekelompok teman dan tetangga saling menyapa, mengobrol dan bergosip di tengah jalan.

Suatu malam, sekelompok anak berlari melewati meja saya ketika meminum bir di pelabuhan, saling memukul dengan balon, orang tua mereka tidak khawatir tentang lalu lintas.

Bahkan kucing liar yang tak terhitung jumlahnya, pemandangan yang akrab di pulau-pulau Yunani, tampak santai luar biasa - sering berbaring dengan malas di tengah jalan raya.

Saya bukan orang luar pertama yang terpesona oleh Hydra, pulau yang memiliki sejarah panjang pariwisata.

Penulis lagu asal Kanada, Leonard Cohen, terkenal membeli sebuah rumah di sini pada tahun 1960-an dan menulis Bird on a Wire selama salah satu masa tinggalnya.

Dina Adamopoulou, yang bekerja di arsip sejarah Hydra, memberi tahu saya bahwa beberapa pelukis termasuk Picasso, Chagall, dan seniman Yunani yang tak terhitung jumlahnya juga telah berkunjung.

‘Sering mengalami kebakaran’

Bagi turis yang datang, fakta bahwa Hydra bebas kendaraan bermotor menjadikannya tempat yang indah untuk dikunjungi.

Tapi bagaimana dengan sekitar 3.000 orang menetap di sini? Bagaimana tempat ini bekerja di dunia modern tanpa transportasi beroda?

"Kami sering mengalami kebakaran," kata Kelsey Edwards, seorang perempuan Inggris yang telah tinggal di Hydra selama lebih dari 20 tahun dan menjalankan perusahaan HydraDirect, situs informasi dan properti lokal.

"Setiap musim panas, pesawat pemadam kebakaran harus datang dari daratan dan membuang air ke wilayah kebakaran hutan."

Mengunjungi Hydra terasa seperti melangkah mundur ke masa lalu.

Edwards menjelaskan bahwa karena sebagian besar pulau tidak dapat diakses karena kurangnya jalan raya, kelompok sukarelawan pemadam kebakaran setempat tidak dapat memadamkan api sendiri.

Bahkan ketika kobaran api terjadi di dekat kota Hydra itu sendiri, yang merupakan satu-satunya pusat populasi yang signifikan, "setiap orang harus berlari dan membawa air secara manual untuk memadamkan api".

Dan kebakaran bukan satu-satunya skenario di mana kurangnya kendaraan menjadi penghalang.

"Kita tidak bisa begitu saja menghubungi [layanan darurat] dan mendapatkan ambulans," lanjut Edwards.

Dia mengatakan bahwa ketika orang mengalami keadaan darurat kesehatan, pergi ke pusat medis kecil di kota itu bisa sangat sulit, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah lebih tinggi di lereng bukit yang curam.

Seringkali, orang perlu dibawa turun dengan tandu atau di punggung keledai untuk dilihat oleh petugas medis, yang menurut Edwards bisa terasa agak tidak bermartabat.

Rebecca Eptakili, manajer di hotel yang telah tinggal di Hydra selama 38 tahun terakhir menjelaskan; "Suaminya adalah seorang tukang kayu," katanya. "Suatu malam beberapa tahun yang lalu jarinya terpotong secara tidak sengaja di tempat kerja."

Pusat medis setempat tidak memiliki perlengkapan untuk kasus cedera yang begitu parah dan, karena hari sudah gelap, helikopter rumah sakit tidak mungkin terbang dari Athena.

Jadi, suami Eptakili harus menunggu taksi laut untuk membawanya 30 menit ke titik terdekat di daratan, lalu naik taksi lagi selama 1,5 jam ke ibu kota.

Selain keadaan darurat, ada banyak ketidaknyamanan sehari-hari yang dihadapi dengan tinggal di tempat di mana kendaraan tidak diperbolehkan.

Edwards menunjukkan bahwa membawa sampah rumah tangga ke beberapa titik pengumpulan yang dapat dijangkau oleh truk sampah kota adalah hal yang memusingkan.

Mengirim barang juga merepotkan, dan biaya pengangkutan bahan bangunan sangat tinggi.

Sementara itu, Eptakili mencatat bahwa orang-orang dengan kondisi kesehatan yang lemah yang tinggal lebih tinggi di kota seringkali terisolasi; juga tidak mudah bagi pengguna kursi roda.

Namun, di sisi lain, Edwards berpendapat bahwa sebagian besar Hydriot akan tetap berpegang pada status quo saat ini.

"Anda hanya perlu mengatakan kepada penduduk setempat: Anda akan dijemput dan dipindahkan ke Spetses [pulau terdekat] di mana Anda tidak bisa berjalan di sepanjang jalan atau berbelok di tikungan tanpa ditabrak oleh seseorang dengan skuter mereka yang mengganggu, dan sepeda motor dan menghirup udara yang kental dengan bau bensin, dan berkata 'haruskah kita melakukannya di sini?' Dan mereka akan berkata: 'tidak, tidak, kami tidak menginginkan itu!'."

Ketenangan yang tak tertandingi

Fakta bahwa tidak ada mobil, dalam banyak hal, merupakan pendorong besar perekonomian pulau itu.

Hydra hanya berjarak sekitar 90 menit dengan perahu dari kota metropolitan Athena yang ramai, namun rasanya sangat jauh.

Turis datang justru karena mencari suasana damai.

Hydra juga jauh lebih kaya daripada pulau-pulau lain di kepulauan Saronic tempatnya, kata Edwards.

Ini, setidaknya sebagian, didorong oleh fakta bahwa orang luar menyukai betapa sepinya pulau ini.

Dengan tidak pernah mengizinkan kendaraan bermotor, Hydra telah menghindari banyak tantangan yang dihadapi pulau-pulau kecil lainnya di negara ini.

Kosmas Anagnostopoulos, pendiri CIVINET, sebuah jaringan transportasi berkelanjutan, bercerita tentang berbagai masalah yang ditimbulkan oleh kendaraan di pulau-pulau kecil Yunani.

"Anda mengalami banyak kecelakaan parah di pulau-pulau, terutama pulau-pulau yang sangat padat wisata seperti Mykonos, Santorini, Paros, dan Naxos," yang sebagian besar melibatkan turis yang tidak memahami jaringan jalan raya setempat.

Membangun tempat parkir untuk menyimpan semua kendaraan juga sulit dilakukan di pulau-pulau Yunani karena sejarah kuno negara tersebut.

Anagnostopoulos menjelaskan bahwa dewan kota kesulitan untuk membangun parkir bawah tanah karena ada kemungkinan besar menggali reruntuhan arkeologi, yang kemudian mencegah pembangunan untuk berlanjut.

Selama perjalanan saya di sekitar pulau lain, terlihat betapa padatnya mereka – dan saya berkunjung di musim sepi wisata.

Di musim panas, ketika jumlah turis jauh melebihi jumlah penduduk tetap, mobil dan skuter membebani infrastruktur lokal, kata Anagnostopoulos.

Meniru Hydra, dan menjadi bebas dari kendaraan, mungkin bukan pilihan yang realistis untuk pulau lain dengan ukuran yang sama.

Meskipun demikian, Anagnostopoulos mengatakan bahwa beberapa pulau digunakan sebagai tempat uji coba untuk menemukan cara mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi.

Pulau Kos telah banyak berinvestasi di jalur sepeda, katanya; Aegina telah melarang mobil dari pelabuhannya pada malam hari; dan di Tinos, pemerintah kota menjalankan skema dengan tuk-tuk bertenaga baterai.

Beberapa pulau juga telah menjalin kemitraan dengan perusahaan transportasi.

Seekor kucing berjalan di pelabuhan Hydra, Yunani.

Misalnya, Volkswagen menjalankan skema di pulau Astypalea untuk menyediakan transportasi mobil listrik dan bus bersama.

Konon, Kosmas mencatat banyak pulau kekurangan dana untuk mengimplementasikan rencana transportasi yang berani.

Sebelumnya dalam kunjungan saya ke Hydra, saya menuju barat ke luar kota di sepanjang "jalan" berbatu yang mengelilingi pantai.

Jalan itu akhirnya berujung pada jalur alam, di mana aroma pohon pinus semerbak di udara dan satu-satunya suara adalah dengungan jangkrik yang menyenangkan dan desir laut.

Tanpa kendaraan yang terlihat dan sedikit tanda perkembangan, rasanya seperti melangkah mundur ke waktu lain, dengan hanya kaki yang menuntun saya. (*)

Tags : Pulau Hydra, Kendaraan Bermotor Dilarang di Pulau Hydra, Pulau Hydra yang Tenang dan Damai, Perjalanan, Yunani,