Headline Agama   2022/07/28 14:11 WIB

Kepulangan Jamaah Haji Riau dari Tanah Suci dalam Keadaan Sehat

Kepulangan Jamaah Haji Riau dari Tanah Suci dalam Keadaan Sehat

PEKANBARU- Kepulangan Jamaah Haji Riau dari Tanah Suci dalam keadaan sehat. Keluarga tidak sabaran untuk menyambut jamaah.

Seperti diketahui kloter pertama atau kloter 4 Debarkasi Batam bakal diterbangkan dari Arab Saudi mulai hari ini 28 Juli 2022.

Dikutip dari mediacenterriau.go.id, jamaah haji pertama yang datang berasal dari Kabupaten Kampar sebanyak 45 orang. Jamaah itu dijadwalkan tiba di Debarkasi Batam, pada Jumat 29 Juli 2022 dan langsung diterbangkan ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Kemudian secara bertahap jamaah haji Riau bakal tiba di Pekanbaru sesuai jadwal pemulangan. Yakni kloter 4 dari Bandara Hang Nadim Batam yang bakal diterbangkan Jumat (29/7/2022).

Kemudian kloter 5 BTH dijadwalkan tiba di Indonesia pada Minggu 31 Juli 2022. Rombongan ini terdiri dari 345 jamaah haji dari Kabupaten Kampar, 101 jamaah Inhu, dan dari Kota Pekanbaru tercatat 7 jamaah. Totalnya sebanyak 450 jamaah termasuk TPH.

Selanjutnya ada kloter 6 BTH berasal dari Kota Pekanbaru sebanyak 444 jamaah, akan tiba di Pekanbaru dijadwalkan pada Rabu 3 Agustus 2022.

Terus kloter 7 BTH berasal dari Kabupaten Inhil 303 jamaah dan Pelalawan 139 jamaah. Dijadwalkan tiba di Pekanbaru juga pada Rabu 3 Agustus 2022.

Kemudian kloter 8 BTH jamaah dari Kabupaten Bengkalis 133 jamaah, Kuansing 114 jamaah, Rohil 129 jamaah, Kepulauan Meranti 65 jamaah, dan Pekanbaru 1 jamaah. Dijadwalkan tiba di Pekanbaru pada Jumat 5 Agustus 2022.

Lalu kloter 9 BTH, berasal dari Kota Dumai 86 jamaah, Rokan Hulu 240 jamaah, Siak 107 jamaah, dan Pekanbaru 8 jamaah yang akan tiba  di Pekanbaru pada Sabtu 6 Agustus 2022.

Seterusnya ada kloter terakhir berasal dari Pekanbaru sebanyak 10 jamaah dan Inhil 2 jamaah.

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy mengingatkan agar keluarga jamaah haji tidak menjemput di Bandara SSK II Pekanbaru. Sebab semua jamaah haji akan dibawa terlebih dahulu ke asrama haji Riau dan menginap satu malam.

Walau tidak ada karantina, jamaah haji Riau tetap dilakukan tes kesehatan. Kalau dinyatakan sehat, maka jamaah bisa langsung pulang ke rumah masing-masing.

“Tentu jamaah yang datang ke tanah air terutama jamaah asal Riau akan kita sambut. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan jamaah sampai di Riau dalam keadaan sehat," sebut Masrul, Rabu (27/7). 

Sedangkan pada tiga kloter jamaah haji dari Provinsi Riau sudah berada di Madinah. Kondisi jamaah yang tergabung dalam kloter tersebut dalam keadaan sehat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau Mahyudin. "Sampai saat ini sudah tiga kloter berada di kota Madinah yakni kloter 5 BTH, kloter 6 BTH dan kloter 7 BTH," sebut Mahyudin seperti dilansir dari mediacenterriau.go.id..

Disampaikan dua orang jamaah kloter 7 BTH melakukan tanazul di kloter 2 BTH. Jamaah itu atas nama Nurhadi Bin Amran sebab sakit dan Zainab binti Mahidin karena mendampingi suami.

Lalu Mahyudin menyebut secara umum kondisi jamaah Riau berada dalam keadaan sehat. Tetapi ada beberapa yang kurang sehat dikarenakan perubahan cuaca, sehingga ada jamaah mengalami batuk dan pilek.

"Mungkin karena perubahan cuaca sebagian jemaah kita mengalami batuk dan pilek. Namun secara umum jemaah kita berada dalam keadaan sehat wal afiat dan dapat melaksanakan ibadah," sebut Mahyudin.

Untuk jamaah dari Kloter 6 melaksanakan ziarah ke makam baqi, masjid awan, masjid nabawi, Raudhah dan beberapa tempat lainnya.

"Untuk melakukan ziarah di raudhah harus sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan Pemerintah Arab Saudi bersama PPIH Madinah, untuk kloter 6 dibagi dua jadwal, untuk jadwal perempuan pada pukul 8 WAS sedang laki laki pukul 14 WAS," sebut Mahyudin. (*)

Tags : Jamaah Haji, Kepulangan Jamaah Haji RiauJamaah Haji , dari Tanah Suci, Jamaah Haji dalam Keadaan Sehat,