News Daerah   2023/07/13 8:51 WIB

Keributan Pecah Saat Event Pacu Jalur di Inhu, Perahu Dibakar-Atlet Baku Hantam

 Keributan Pecah Saat Event Pacu Jalur di Inhu, Perahu Dibakar-Atlet Baku Hantam

INDRAGIRI HULU, RIAUPAGI.COM - Keributan pecah saat event pacu jalur di Rengat, Indragiri Hulu, Riau, sebuah perahu pacu di lokasi dibakar dan atletnya sampai baku hantam.

"Event Pacu Jalur di Inhu menimbulkan keributan."

"Iya, ribut antar atlet. Sedang kami tangani dan sudah kondusif," kata Kapolres Indragiri Hulu, AKBP Dody Wira Wijaya membenarkan keributan di lokasi, Selasa (11/7).

Termasuk terkait pembakaran jalur yang ramai tersebar di media sosial.

Perahu pacu bersandar di tepi sungai. Tak lama berselang api berkobar membakar jalur (perahu) diduga setelah disiram bahan bakar dan disulut api.

Sementara dalam video berbeda, terlihat atlet baku pukul di daratan pakai dayung. Teriakan histeris anak-anak dan wanita di lokasi terdengar saat baku hantam para atlet berlangsung.

Belum diketahui penyebab pasti keributan yang bermula dari pacu jalur di Sungai Indragiri tersebut. Namun polisi saat ini sudah meredam situasi setelah memanas dari kedua kelompok.

Dody mengaku kejadian di Sungai Indragiri, Rengat. Namun untuk penyebab pasti, saat ini masih dimintai keterangan saksi-saksi, termasuk mendata korban.

"Kami masih di lapangan, sedang kami data (korban), kami panggil saksi-saksi. Mohon waktu," kata Dody singkat.

Pacu jalur sendiri adalah tradisi adat bagi masyarakat di Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi. Berbagai event digelar di setiap kecamatan jelang puncak saat perayaan HUT RI 17 Agustus mendatang.

Puncak perayaan pacu jalur rutin digelar di Sungai Kuantan tepat atau tepian Narosa. Lokasi puncak masuk Kabupaten Kuantan Singingi dan menjadi event nasional. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : pacu jalur, inhu, event pacu jalur mengundang keributan, perahu dibakar dan atlet baku hantam, news daerah,