Headline Politik   2020/08/25 08:44:00 AM WIB

Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Pakai Helikopter ke Bengkalis

Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Pakai Helikopter ke Bengkalis

PEKANBARU - Ketua DPRD Provinsi Riau Dr H Indra Gunawan Eet gunakan helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk kegiatan partai politik (parpol) ke Kabupaten Bengkalis.

Sontak saja dunia media online jagad maya heboh dengan beredarnya sebuah video Ketua DPRD Riau itu gunakan helikopter untuk urusan politik kedaerah yang dipublish iNews.id, video tersebut mendapat banyak respons dari netizen. Informasi diperoleh, Ketua DPRD Riau memakai helikopter BNPB ke Bengkalis untuk mengahadiri acara Musyawarah Daerah atau Musda X Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar, Sabtu (22/8/2020) kemarin.

Dalam rekaman video amatir, tampak puluhan petugas berpakaian atribut partai menyambut kedatangan Ketua DPRD Riau Indra Gunawan di Kota Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Tokoh senior Partai Golkar tersebut langsung disambut yel - yel setelah turun dari helikopter milik BNPB. Diketahui, helikopter Bell 430 milik BNPB biasanya digunakan untuk patroli udara memantau kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Karena itu, netizen mempertanyakan penggunaan helikopter di luar aktivitas tersebut, terutama menghadiri kegiatan parpol.

Ketua DPRD Provinsi Riau Indra Gunawan belum memberikan keterangan terkait video viral tersebut. Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau baru mendapat informasi Senin pagi tadi terkait pemakaian helikopter BNPB oleh Ketua DPRD Riau. Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan, helikopter tersebut biasanya digunakan untuk patroli udara memantau kebakaran hutan dan lahan. Namun, penggunaan helikopter bantuan dari BNPB Pusat tersebut di bawah komando Satuan Tugas (Satgas) Karhutla.

“Saya juga baru dapat informasi ini tadi pagi. Sebenarnya peruntukan heli itu kan untuk patroli udara dalam rangka karhutla dan heli itu ada di bawah komando Satgas Karhutla. Kami akan mengkonfirmasi soal video viral itu ke Satgas Karhutla,” kata Edwar Sanger, Senin (24/8/2020).

Edwar Sanger menambahkan, dalam penanggulangan bencana karhutla, BNPB sudah membantu pengadaan delapan helikopter. Enam helikopter itu digunakan untuk water bombing dan dua helikopter digunakan untuk memantau karhutla dari udara. Selain untuk memantau karhutla, heli juga digunakan untuk memantau bencana seperti banjir. 

Sebelumnya Ketua DPRD Riau, H Indra Gunawan Eet ini juga pernah menggunakan helikopter dalam rangkaian kunjungan kerjanya dari Kabupaten Meranti, menyempatkan pulang kampung ke Kota Terubuk, Kabupaten Bengkalis, Selasa 19 November 2019 lalu.
 
Helikopter berwarna biru, putih membawa Pria kerap di Sapa Engah itu mendarat di lapangan Pasir Andam Dewi, Kota Bengkalis. Ketua DPRD Riau, H Indra Gunawan Eet menyebut kunjungannya atau bisa disebut balik ke kampung halaman itu, dalam rangka  mensosialisasikan tentang persoalan kebijakan provinsi terhadap pendidikan. "Setelah selesai mengikuti acara di Meranti langsung ke Bengkalis, acara sosialisasi tentang Anggaran pendidikan yang di Provinsi," kata Engah.
 
Selain itu kunjungan dirinya ke Kabupaten Meranti juga dalam rangkaian kunjungan kerja yaitu hutan magrove. "Sosialisasi di Bengkalis juga tentang persoalan kebijakan provinsi terhadap pendidikan termasuk bangunan gedung sekolah, dari SMP dan tingkat SMA," jelasnya.
 
Disamping itu, Engah juga menjelaskan tentang persoalan kebijakan provinsi terhadap pendidikan termasuk bangunan gedung sekolah, dari tingkat SMP dan tingkat SMA. "Sangat kita sayangkan, masih ditemukan beberapa sekolah SMU sederajat di Kabupaten Bengkalis yang sudah dilelang tetapi tidak dikerjakan dengan alasan kondisi dan waktu. Salah satunya adalah SMAN yang terletak di Desa Sebauk Kecamatan Bengkalis yang sudah 4 tahun lebih hanya dibangun pondasinya," dicontohkanya. 

Ketua DPRD Riau jelaskan videonya viral gunakan heli BNPB 

Ketua DPRD Provinsi Riau Indra Gunawan EetEngah menyebut dirinya menggunakan helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) untuk meninjau penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah lokasi titik api di Provinsi Riau.

height=253

Eet menyampaikan klarifikasi tersebut setelah video yang memperlihatkan dirinya bersama Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Riau viral dan menjadi perbincangan hangat masyarakat Kota Pekanbaru dan Riau secara umum. "Jika ada informasi yang mempelintir itu acara parpol, itu salah. Saya murni pergi sebagai Ketua DPRD Riau dalam rangka meninjau karhutla di dapil saya dan daerah lainnya. Saya pakai surat resmi. Jadi saya rasa wajar," ucap Eet di Pekanbaru dirilis Antarariau.

<emyinggung soa adanya sambutan antusias dari puluhan anggota AMPG yang merupakan sayap Partai Golkar saat Eet mendarat dengan helikopter tersebut di Bengkalis,Eet mengatakan jika dirinya secara pribadi tidak menggunakan atribut partai. "Tak ada (menghadiri parpol). Kebetulan saat saya datang, saya disambut masyarakat pakai atribut partai. Semua DPRD ini kan pengurus partai," ucap Eet yang juga merupakan Sekretaris Golkar Provinsi Riau itu.

Eet menegaskan bahwa dirinya akan membuat laporan resmi kepada Pemprov Riau dan BNPB tentang kondisi lahan yang terbakar pasca tinjauannya itu. "Nanti saya bikinkan rilisnya. Saya turun meninjau langsung karena ada laporan. Yang kami lihat tadi kondisi kebakaran hutan di Daerah Bukit Batu, Siak Kecil, wilayah Dumai, juga Siak," ucap Eet.

Dalam video berdurasi sekitar dua menit yang menjadi sorotan publik itu, direkam di Kabupaten Bengkalis. Yang saat itu juga bertepatan dengan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Kabupaten Bengkalis pada Sabtu (22/8). Dari dalam heli dengan nomor registrasi PK-DPM , Ketua DPRD Riau Indra Gunawan dan Ketua AMPG Riau disambut dengan teriakan yel-yel “Hidup AMPG, Hidup Golkar”.

Taufik Erman ketika dikonfirmasi menyadari penggunaan helikopter BNPB tersebut kini jadi sorotan publik karena sejatinya heli tersebut ditempatkan di Riau untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Ia mengaku ikut naik heli karena diajak oleh Eet, Ketua DPRD Riau untuk menghadiri Musda Partai Golkar Bengkalis. "Saya gak ngerti, gak tahu. Disuruh ikut, abang ikut. Gak ada indikasi abang mau bayar (sewa), gak ada," kata Taufik ketika dikonfirmasi lewat sambungan telepon.

Ia mengatakan ada dua heli yang digunakan untuk Musda Golkar Bengkalis, salah satunya heli yang ditumpanginya berangkat dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Ketika ditanya bagaimana prosedurnya bisa naik heli tersebut, ia mengaku tidak paham. "Abang gak ada jalur untuk urusan seperti itu, gak pernah berurusan naik heli. Baru pertama kali, macam kejatuhan bulan saya diajak naik heli dan prosedur gak tahu karena seumur-umur baru ini lah naik helikopter, demi Allah. Abang ini tipe orang yang takut ketinggian," ujarnya. (*)

Tags : Ketua DPRD Provinsi Riau, Indra Gunawan Eet, Gunakan Helikopter, Bengkalis ,