Politik   2022/01/14 15:18 WIB

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais akan ke Pekanbaru

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais akan ke Pekanbaru
Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mendeklarasikan berdirinya Partai Ummat, Kamis (29/4/2021).(YouTube.com/Amien Rais Official).

PEKANBARU - Satu partai politik baru yang mendeklarasikan diri pada Kamis 29 April 2021 lalu di Yogyakarta oleh besutan politikus senior Amien Rais ini bernama Partai Ummat.

"Besok (Sabtu) pak Amien Rais datang ke Kota Pekanbaru dalam rangka sosialisasinya sudah dibentuknya Partai Ummat untuk 12 Kabupaten/Kota di Riau," kata Selamet Nasron, Wakil Ketua Partai Ummat tadi Jumat (15/1/2022).

Mantan Anggota DPRD Kota Pekanbaru (2000) ini mengaku mengetahui sosok Amien Rais sebagai salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, perjalanan politik Amien Rais kemudian berlabuh dengan mendirikan Partai Ummat.

Partai Ummat dipimpin Ridho Rahmadi. Diketahui, Ridho Rahmadi juga merupakan suami dari Tasniem Rais, putri dari Amien Rais. Dengan kata lain, Ridho adalah menantu dari Amien Rais yang menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

Dalam catatan perjalanan berdiri Berdirinya Partai Ummat tak lepas dari dinamika politik yang dialami Amien Rais di partai sebelumnya, PAN. Kala itu, pada Kongres V PAN, Februari 2020 mengagendakan pemilihan ketua umum PAN periode 2020-2025.

Saat itu, Amien mendukung Mulfachri Harahap sebagai calon ketua umum dan Hanafi Rais sebagai sekretaris jenderal. Pilihan Amien Rais itu berhadapan dengan calon ketua umum petahana, Zulkifli Hasan. Kongres itu sempat diwarnai kericuhan dengan aksi lempar kursi. Namun akhirnya, hasil kongres memutuskan Zulkifli Hasan tetap sebagai Ketua Umum PAN.

Tak lama kemudian, Hanafi Rais yang merupakan putra Amien Rais mundur dari kepengurusan PAN dan anggota DPR pada 2020. Begitupun dengan Amien. Dia mengaku sudah keluar dari PAN karena perbedaan prinsip dan sikap politik.

"Saya sudah tidak di PAN sama sekali, saya sudah dikeluarkan oleh anak buah saya karena berbeda prinsip," ujar Amien Rais dalam acara diskusi virtual bertajuk Bahaya Komunisme di Dunia Islam, Kamis (23/7/2020), dilansir dari Kompas TV.

Pada 10 September 2020, Amien pun menyatakan akan mendirikan partai baru yang kala itu belum diberi nama. Amien hanya menyebut, partai tersebut dibentuk akibat keprihatinannya dan sahabat-sahabatnya atas kondisi bangsa dan negara Indonesia.

"Karena itulah saya dan beberapa sahabat saya dari berbagai kalangan telah bersepakat bulat segera mendeklarasikan sebuah partai baru," kata Amien dalam sebuah video yang diunggahnya dalam akun YouTube Amien Rais Official, Kamis (10/9/2020).

Amien menyebut partai itu akan menggunakan semboyan "Lawan kezaliman dan tegakkan keadilan". Sementara itu, asas dari partai tersebut adalah rahmatan lil alamin. (*)

Tags : amien raispartai ummatketua umum partai ummatridho rahmadi,