Artikel   2022/06/24 12:41 WIB

PWI Riau Kembali Dipimpin Zulmansyah Sekedang Hingga 2027

PWI Riau Kembali Dipimpin Zulmansyah Sekedang Hingga 2027
Zulmansyah Sekedang S.Sos, Ketua PWI Riau

KETUA Persatauan Wartawan Indonesia (PWI) Riau kembali dipimpin Zulmansyah Sekedang hingga 2027 mendatang.

Zulmansyah Sekedang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau masa bakti 2022-2027.

Hasil final itu didapat dalam Konferensi Provinsi (Konferprov) XV PWI Riau yang digelar di Bengkalis, berlangsung dari tanggal 22-23 Juni 2022.

Dalam sidang pleno dengan agenda pemilihan bakal calon Ketua PWI Riau, Kamis 23 Juni 2022 malam, di Gedung Cik Puan Bengkalis, Zulmansyah Sekedang dinyatakan terpilih aklamasi.

Hal itu setelah Raja Isyam Azwar sebagai peraih suara terbanyak kedua menyatakan mengundurkan diri dari kontestasi pemilihan.

Sebelumnya, dalam penjaringan pemilihan calon Ketua PWI Riau masa bakti 2022-2027 memunculkan 16 nama bakal calon.

Dari delapan nama tersebut, dua kandidat meraih suara terbanyak yakni Zulmansyah Sekedang sebanyak 346 suara dan Raja Isyam Azwar 314, dinyatakan berhak maju sebagai calon Ketua PWI Riau dalam tahap pemilihan.

Sementara bakal calon lain yang digadang-gadangkan sebagai petarung petahana yakni tokoh pers Riau Syafriadi hanya meraih 8 suara.

Sisanya antara lain diraih Satria Utama Batubara 5 suara, Kambali 4 suara, dan Amril Jambak 2 suara. Sementara suara tidak sah 14.

Peraih suara terbanyak kedua, Raja Izam Azwar menyatakan tidak bersedia maju pada tahapan pemilihan berikutnya sehingga pimpinan sidang Fendri Jaswir, Hary B Koriun, dan Wiwik Widaningsih menetapkan Zulmansyah Sekedang sebagai Ketua PWI Riau terpilih lima tahun mendatang.

Bio Data

  • Nama: Zulmansyah Sekedang S.Sos
  • Lahir: Banda Aceh, 2 Juli 1972
  • Pendidikan: SD, SMP dan SMA di Provinsi Aceh
  • Pendidikan Universitas Riau (UNRI) Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Organisasi Intra-Universitas: seperti Surat Kabar Kampus (SKK) Bahana Mahasiswa, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sakai dan Senat Mahasiswa Universitas Riau
  • Organisasi ekstra-universitas: Pengurus teras Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pekanbaru, Persatuan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Permadi) Riau dan lain-lain

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di bawah kepemimpinan Zulmansyah Sekadang ini menyatakan kesiapannya menjalankan visi-misi baru untuk menghadapi berbagai tantangan ke depan. 

"Dengan visi baru, yakni menjadikan PWI organisasi profesional dan bermartabat di era transformasi lanskap media dengan spirit kebangsaan, kebebasan, dan kreativitas digital, gerak dan langkah PWI akan diwarnai berbagai perubahan," ujarnya. 

Visi misi kedepan tersebut yakni:

  • Program pendidikan berbasis teknologi digital
  • Perbaikan manajemen dan administrasi berbasis teknologi digital
  • Gerakan wartawan masuk kampus
  • Meningkatkan peran pengurus pusat untuk proaktif dalam penyelesaian masalah di daerah
  • PWI sebagai inisiator dan stakeholder perumusan regulasi media baru

Zulmansyah Sekadang menilai pentingnya program dan strategi berupa peningkatan SDM melalui program pendidikan dan pelatihan jurnalistik dan non-jurnalistik, berbasis digital.

Selain itu dia berharap semua pengurus lebih proaktif untuk merespon semua masalah sesuai dengan tanggungjawabnya masing-masing. (rilis)

Tags : Persatuan Wartawan Indonesia, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Zulmansyah Pimpin PWIRiau Hingga 2027,