Artikel   2022/09/24 13:56 WIB

Kisah Kim Teng Masyarakat Tionghoa, 'dalam Sejarah Penyelundup Senjata Ulung demi Kemerdekaan RI'

Kisah Kim Teng Masyarakat Tionghoa, 'dalam Sejarah Penyelundup Senjata Ulung demi Kemerdekaan RI'
Kim Teng dalam buku Tionghoa pada Sejarah Kemiliteran. (reproduksi)

TAN KIM TENG atau biasa disapa Kim Teng harus kucing-kucingan dengan kapal patroli Belanda saat berjuang meraih kemerdekaan Indonesia.

"Masyarakat Riau mengenal kisah Kim Teng dalam sejarah penyelundup senjata ulung demi Kemerdekaan RI."

Kim Teng merupakan salah satu pahlawan perjuangan kemerdekaan Indonesia berlatar belakang etnis Tionghoa.

Pria kelahiran Singapura tersebut sukses menyelundupkan senjata dan perbekalan ke Indonesia dari tanah kelahirannya itu melalui jalur laut.

"Kim Teng berulang kali berhasil menyelundupkan senjata dari Singapura ke Pekanbaru," tulis Iwan Santosa dalam bukunya yang berjudul Tionghoa dalam Sejarah Kemiliteran sejak Nusantara Sampai Indonesia.

Meskipun lahir di Singapura, Kim Teng tetap rela berjuang untuk Indonesia. Perjuangan Kim Teng berawal dari ajakan sahabatnya.

Dua sahabatnya, yakni Tan Teng Hun dan Hasan Basri, meminta Kim Teng untuk membantu perjuangan Indonesia.

Kim Teng kemudian menjadi anak buah Letnan Satu (Lettu) RA Priodipuro di Resimen IV Riau.

Selama bertugas, Kim Teng mengurusi soal perbekalan, antara lain amunisi, bahan peledak, senjata, pakaian tentara, dan kebutuhan anggota lainnya.

Tantangan Kim Teng mengalami kesulitan ketika Agresi Militer I dan II Belanda berlangsung. Untuk dapat lolos dari penjagaan Belanda di perairan rute Riau-Singapura, Kim Teng harus menyamar sebagai pedagang.

Suatu ketika, ia hampir tertangkap basah membawa senjata yang disembunyikan dalam tumpukan garam curah.

Beruntung, Kim Teng terselamatkan dengan sepucuk surat pengantar sehingga kapalnya tidak jadi digeledah.

"Isi kapal nyaris digeledah, kalau saja kapal itu tidak membawa surat pengantar Konsul Belanda di Singapura," tulis Iwan.

Setelah masa perjuangan usai, Kim Teng membuka kedai kopi yang kini menjadi salah satu kuliner populer di Pekanbaru, Riau.

Jadi saat ini, Kedai Kopi Kim Teng menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang terkenal dan dianggap harus dikunjungi jika berwisata di Pekanbaru, Riau. (*)

Tags : Kim Teng, Masyarakat Tionghoa, Penyelundup Senjata Ulung demi Kemerdekaan RI, Tionghoa, Pahlawan Kemerdekaan Indonesia,